Sukabumi Update

Jangan Asal Klik, Ketahui Dulu 3 Hal Tentang Izin Akses Sebuah Website

SUKABUMIUPDATE.com - Saat mengakses sebuah website, beberapa web kerap menampilkan kotak dialog yang memberitahu pengguna bahwa situs tersebut meminta izin untuk mengakses sesuatu, umumnya memberikan pemberitahuan secara berkala.

Kotak dialog tersebut memiliki dua opsi yaitu Allow jika pengguna mengizinkan akses yang diminta web atau Block jika ingin memblokirnya.

Melansir dari Suara.com, selain notifikasi, beberapa situs juga meminta izin akses yang bersifat pribadi, seperti akses ke kamera smartphone, kontak, ataupun microphone. Izin akses seperti ini berisiko smartphone bisa terkena sadap atau diretas.

Baca Juga :

Menurut akun Instagram resmi Kemenkominfo, berikut ini tiga hal yang harus diketahui mengenai izin akses sebuah situs web:

photo(Ilustrasi) Website - (Freepik)</span

1. Pahami tentang website atau aplikasi

Jika aplikasi tersebut memiliki fitur video call seperti WhatsApp, maka pengguna bisa memberi akses kamera dan microphone. Namun jika tidak, maka hal itu patut untuk dicurigai.

2. Gunakan penutup kamera

Berhubungan dengan pemberian izin akses kamera, pengguna juga dapat menggunakan penutup kamera untuk mencegah tindakan penyadapan.

3. Mengecek pengaturan secara rutin

Jika pengguna terlanjur memberi izin akses, pengguna masih dapat mengeceknya di pengaturan smartphone atau browser. Pilih lagi mana yang benar-benar penting untuk mendapatkan akses.

Pengguna dilarang untuk asal atau sembarangan mengklik tombol Allow pada kotak dialog yang muncul untuk memberi akses karena pengguna tidak tahu akses yang diberikan akan digunakan untuk apa.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI