Sukabumi Update

Terus Bersaing, Facebook Akan Ubah Tampilan Aplikasi Agar Mirip FYP TikTok

SUKABUMIUPDATE.com - Laporan terbaru mengungkap rencana Facebook untuk merombak aplikasi layaknya platform video pendek asal China TikTok.

Mark Zuckerberg dan Eksekutif Meta lainnya berambisi untuk menjadikan TikTok sebagai pesaing mereka.

Mengutip dari Suara.com, dalam memo internal dari petinggi Facebook, platform media sosial itu bakal mengubah ulang tampilan feed yang mengutamakan rekomendasi konten dari kreator, halaman, dan orang lain yang tidak diikuti pengguna.

Memo yang ditulis oleh Tom Alison selaku Kepala Aplikasi Facebook di Meta itu mengatakan kalau tujuan utama perubahan ini untuk membentuk 'Discovery Engine'. Artinya, konten yang ditampilkan sangat bergantung dari rekomendasi, mirip seperti algoritma For You Page ( FYP) ala TikTok.

Baca Juga :

Dengan demikian, pengguna bakal lebih sedikit melihat update konten dari teman dan keluarga di laman Beranda, termasuk untuk Reels. Perusahaan juga bakal menggabungkan kembali Messenger yang saat ini terpisah dari aplikasi Facebook.

Namun tidak ada informasi kapan Meta mau menerapkan perubahan ini. Tapi sebenarnya ini bukan kali pertama Facebook mengumumkan rencana serupa.

photoMark Zuckerberg - (via: tmz.com)</span

April lalu, Mark Zuckerberg selaku CEO mengatakan bahwa perusahaan tengah menghadapi pergeseran besar. Lalu pada akhirnya mereka bakal mengubah dinamika Feed untuk lebih banyak merekomendasikan konten rekomendasi berbasis kecerdasan buatan (AI).

Tapi pergeseran Feed ke konten yang direkomendasikan kemungkinan bisa menjadi masalah untuk Meta. Saat ini algoritma rekomendasi konten itu nyatanya malah menyebarkan banyak misinformasi dan menimbulkan perpecahan.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI