Sukabumi Update

Sedang Viral di TikTok, Apa Itu Trend Mask Fishing?

SUKABUMIUPDATE.com - TikTok adalah aplikasi sosmed yang saat ini sering digunakan oleh banyak orang terutama kaum remaja. Beragam tren yang lucu dan inovatif sangat cepat sekali menjadi trending, salah satunya tren Mask Fishing yang kini sedang ramai.

Dikutip dari Suara.com, dibuat oleh banyak orang di TikTok, tak sedikit yang bertanya-tanya, apa itu mask fishing? Ini adalah istilah yang diambil dari bahasa Inggris, yang bila diartikan masing-masing, mask berarti topeng atau masker, sementara fishing adalah memancing. 

Jika digabungkan dan diartikan secara harfiah, mask fishing berarti memancing masker. Namun, jelas bukan itu arti dari maksud video-video yang beredar di TikTok.Mengutip dari New York Times, mask fishing merupakan bahasa gaul yang muncul sejak pandemi, yakni fenomena ketika orang lebih baik saat mengenakan masker.

Baca Juga :

Nantinya, beberapa orang bertanya kepada pengikut mereka apakah masker mereka menutupi fitur yang mungkin mereka anggap tidak menarik. 

Yang lain memiliki video yang menunjukkan bahwa masker mereka menyembunyikan banyak jerawat atau mengatakan bahwa bagian atas wajah mereka tidak cocok dengan bagian bawah.

Seperti dilansir Distractify, beberapa orang tidak percaya diri dengan penampilan mereka. Mereka mungkin merasa terlihat lebih baik dengan masker tetapi juga merasa seperti menipu siapa pun yang mereka temui secara langsung.

Misalnya, warganet bernama @vicityyy memposting video yang mengatakan bahwa seseorang pernah mengatakan kepadanya bahwa dia terlihat berbeda dari yang mereka kira tanpa maskernya. Sekarang, dia bilang dia "takut" mask fishing.

Beberapa postingan di tagar mask fishing juga lebih serius dan menampilkan orang-orang yang hanya ingin tahu. 

Banyak dari mereka yang lucu. Beberapa orang bertanya apakah mereka sedang mask fishing, tetapi kemudian melepas masker untuk mengungkapkan meme atau wajah konyol.

Namun adapula mereka yang ikut-ikutan tren ini, namun sama-sama terlihat menarik, baik tanpa masker atau melepas masker. Salah satunya adalah @tarankaaa yang langsung mendapatkan berbagai pujian dari warganet.

Asal Usul Istilah Mask Fishing

Awalnya kata tersebut merupakan peranakan dari istilah ‘catfishing’. Adapun catfishing merupakan bahasa gaul mengenai seseorang yang salah mengartikan identitas seseorang secara online. 

Istilah tersebut berawal dari film dokumenter berjudul Catfish pada 2010 lalu.

Mask fishing sendiri akhirnya dikenal seiring pandemi virus corona yang memaksa mereka menjalani karantina di rumah. Meski begitu,kencan online tetap populer. 

Orang-orang menggunakan berbagai aplikasi selama pandemi untuk berbicara dengan orang lain meskipun mereka tidak merasa nyaman untuk bertemu langsung. Dan memakai masker telah menjadi topik besar diskusi di sana.

Banyak orang, yang akhirnya lebih percaya diri dengan memakai masker ketika mencoba bertemu seseorang yang baru, karena bisa menutupi kekurangan mereka, bahkan akhirnya merasa lebih percaya diri dengan penampilannya saat menggunakan masker.

Baca Juga :

SUMBER: SUARA.COM

Writer : Ikbal Juliansyah

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI