Sukabumi Update

Menggunakan Teknologi Passkey, Di Masa Depan Android dan Chrome Login Tanpa Sandi

SUKABUMIUPDATE.com - Google dikabarkan akan membuat login tanpa sandi di masa mendatang untuk Android dan Chrome. Seperti dilansir dari Android Police, Kamis (13/10/2022), berkat kunci sandi yang ditandatangani secara kriptografis yang tersimpan di ponsel, anda akan dapat mengakses layanan favorit dengan aman dan mudah.

Dilansir dari Suara.com, gagasan untuk mengakses akun anda tanpa secara eksplisit memasukkan kredensial login mungkin terdengar seperti sesuatu yang aneh dan hanya ide yang buruk.

Namun ketika anda benar-benar memikirkannya dan melihat apa yang diterapkan Google, itu tidak jauh dari bagaimana kita sudah berurusan dengan kata sandi yang disimpan.

Inti dari konsep ini adalah gagasan tentang "Passkey" catatan digital yang menghubungkan informasi pribadi dengan layanan tertentu, ditandatangani dengan aman melalui rantai kepercayaan, dan disimpan di perangkat seperti ponsel anda.

Dan seperti data lain yang disimpan dengan aman di ponsel, anda dapat mengaksesnya dengan biometrik yang nyaman seperti menggunakan sidik jari. Hal tersebut jauh lebih mudah dan lebih aman daripada mengetikkan kata sandi.

Android mendapatkan dukungan untuk kunci sandi melalui Pengelola Passkey Google Passkey yang tetap akan disinkronkan di seluruh perangkat keras anda.

Bahkan dengan Google yang mengkoordinasikan distribusi kunci sandi, Android tidak dapat mengaksesnya dan menggunakannya untuk masuk ke akun anda.

photo(Ilustrasi) Sandi gadget. - (IST)</span

Dukungan awal sebagian besar dibangun untuk mengakses layanan web, dan selain menggunakan kunci sandi di ponsel anda untuk merampingkan akses di seluler. Anda juga dapat menggunakannya untuk terhubung di desktop.  

Dimana Chrome di PC  dapat menampilkan kode QR untuk layanan, yang kemudian anda pindai dengan telepon, dan otorisasi kunci sandi.

Selanjutnya, Google tengah berupaya memberikan akses pengembang ke API Android untuk dukungan kunci sandi asli, yang akan tiba sekitar akhir tahun 2022.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI