Sukabumi Update

Set Top Box Dinilai Terlalu Mahal dan Distribusi STB Gratis Belum Tepat Sasaran

SUKABUMIUPDATE.com - Siaran TV Analog telah resmi dihentikan oleh pemerintah dan dialihkan menjadi siaran TV Digital pada 2 November 2022, yang lalu.

Dilansir dari Suara.com, salah satu solusi yang diberikan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) adalah dengan memberikan set top box (STB) secara gratis.

Namun, keputusan pemerintah mematikan siaran televisi analog atau analog switch off di Jabodetabek telah menyebabkan masyarakat kurang mampu, tidak lagi dapat menikmati siaran televisi.

Hal itu terjadi karena bantuan STB gratis dari pemerintah dinilai belum merata, bahkan berpotensi tidak tepat sasaran.

“Jadi masalahnya saat ini distribusi STB itu belum merata banyak yang tidak tepat sasaran,” ujar Anggota Komisi I DPR RI Nurul Arifin, dikutip dari laman DPR RI, Senin (14/11/2022).

Lebih lanjut, Nurul Arifin menilai, harga set top box banyak mengalami kenaikan sehingga sulit dijangkau oleh kalangan masyarakat tidak mampu.

“Akibatnya, beberapa masyarakat yang menunggu STB gratis dari pemerintah, tetapi juga tidak punya uang untuk beli sendiri, jadi tidak bisa menikmati layanan televisi lagi,” imbuhnya.

Komisi I DPR RI sendiri berencana memanggil Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk mendapat penjelasan mengenai permasalahan tersebut.

“Kita akan segera rapat dengan Kominfo untuk mendapatkan penjelasan mengenai permasalahan ini, bagaimana mau menjadi masyarakat 5.0 jika 4.0 saja belum tercapai dengan tepat,” tegasnya.

Sumber: Suara.com

#SHOWRELATEBERITA

Writer: Ikbal Juliansyah


Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI