Sukabumi Update

5 Rekomendasi Aplikasi Islami, Bantu Optimalkan Ibadah di Bulan Ramadan

Ilustrasi. HP | Rekomendasi Aplikasi Islami, Bantu Optimalkan Ibadah di Bulan Ramadan (Sumber : pixabay.com/@GerdAltmann)

SUKABUMIUPDATE.com - Pada 23 Maret 2023 lalu, umat Islam tepat memasuki tanggal 1 Ramadan 1444 H atau dimulainya Ibadah Puasa Wajib kaum muslim. Artinya, hari ini puasa Ramadan sudah memasuki hari ke empat.

Ibadah puasa di bulan Ramadan biasanya dilengkapi dengan amalan lain mulai dari Tadarus Alquran, Zakat hingga Shalat Tarawih. Masyarakat juga kerap menggunakan beberapa Aplikasi Islami untuk dijadikan Panduan.

Baca Juga: Pemain Sajadah Panjang: Sujud dalam Doa, Arbani Perankan Arya Si Anak Sulung

Berikut beberapa Aplikasi Islami untuk membantu mengoptimalkan ibadah selama bulan Ramadan. Apa saja? Yuk, simak seperti dikutip via Tempo.co!

1. Ustadzkita

Aplikasi Islami bernama Ustadzkita diluncurkan oleh Kementerian Agama RI melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam pada September 2022. Tujuannya mempermudah layanan keagamaan masyarakat, terutama dalam hal mencari ustadz atau dai untuk memberikan ceramah.

Fitur yang terdapat dalam Aplikasi Islami tersebut meliputi tanya ustadz, jadwal salat, kiblat, tabayyun, doa pilihan, hukum Islam, naskah khutbah, dan lain sebagainya.

2. KESAN

KESAN adalah Aplikasi Islami karya anak negeri. Fitur yang disuguhkan antara lain Al-Quran, doa-doa, zikir dan salawat, jadwal shalat, haji dan umrah, kitab kuning, kalender hijriah, arah kiblat, dan kutipan-kutipan inspiratif.

Baca Juga: Tragedi Berdarah Bojongkokosan Sukabumi Menyulut Bandung Lautan Api

Aplikasi Islami tersebut juga telah merilis fitur baru yakni Tanya Tutor yang didukung Kementerian Agama RI untuk membantu pengguna belajar agama Islam langsung dari guru-guru yang kompeten.

3. Muslim Pro

Muslim Pro merupakan Aplikasi Islami yang sangat populer di Indonesia. Aplikasi dikembangkan oleh Bitsmedia Pte Ltd asal Singapura.

Melalui Aplikasi Islami ini, pengguna bisa menggunakan fitur-fitur seperti waktu salat, arah kiblat, Al Quran, kumpulan doa, tasbih, hingga konten video Islami.

4. Cinta Zakat

Aplikasi Islami Cinta Zakat dikembangkan oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bekerja sama dengan Grup Islamic Development Bank (IsDB).

Baca Juga: Menguak Tragedi Takokak 1948: Pembantaian Sadis Terlupa di Perbatasan Sukabumi

Aplikasi tersebut memudahkan pengguna dalam memberikan serta memantau donasi yang diberikan secara praktis dan aman sekaligus mengoptimalkan potensi dana zakat, infak, dan sedekah (ZIS).

5. Umma

Diluncurkan oleh PT Khazanah Prima Sukses, Aplikasi Islami bernama Umma memiliki beragam fitur penunjang ibadah mulai dari salat, Alquran, doa-doa, dan konten Islami.

Selain itu, Aplikasi Islami yang terakhir ini juga menghadirkan fitur podcast inspiratif, diskusi seputar keislaman dengan pengguna lain, donasi, e-learning muslim uClass, hingga pasar syariah swadaya untuk menjelajahi produk keuangan antiriba.

Sumber: Ramadan Tempo

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI