Sukabumi Update

Cara Melihat Tarif Tol di Google Maps, Ketahui Sebelum Mudik Lebaran

Ilustrasi. Cara Melihat Tarif Tol di Google Maps, Ketahui Sebelum Mudik Lebaran (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu lah yang perlu dicari tahu sebelum berangkat mudik lebaran ada mengetahui cara melihat tarif tol.

Nah untuk mengetahuinya, Google Maps menyediakan fitur baru yang diberi nama Tol Prices untuk mengetahui tarif tol serta Anda juga dapat melihat ruas tol yang bisa dipilih sehingga perjalanan mudik lebaran menjadi lebih efisien.

Fitur Toll Prices Google Maps sudah dirilis sejak awal April 2023 lalu dan mereka menyediakan 2.000 ruas tol yang ada di Amerika, India, Jepang dan Indonesia.

Baca Juga: Kurangi Kepadatan, Waktu Singgah di Rest Area Dibatasi 30 Menit saat Mudik

Informasi tarif tol di Google Maps ini bisa digunakan oleh pengguna iOS maupun Android di Indonesia. Mengetahui fitur itu, akan memudahkan saat mudik Lebaran 2023 mendatang.

Lantas bagaimana cara mengetahui tarif toll di Google Maps? Simak penjelasannya di bawah ini seperti melansir dari HiTekno.com, agar mudik lebaran Anda lebih mudah.

Cara Melihat Tarif Tol di Google Maps

  • Pertama, buka aplikasi Google Maps di smartphone dan pastikan GPS dalam keadaan aktif.
  • Klik ikon foto profil pada sebelah kanan kolom pencarian.
  • Pilih menu "Setelan".
  • Lalu pilih "Setelan Navigasi".
  • Temukan kolom "Tarif tol" di bagian bawah, dan aktifkan pilihan "Lihat tarif kartu tol".
  • Setelah itu, kembali ke halaman utama Google Maps.
  • Kemudian, ketuk layar "Telusuri di Sini" pada bagian atas tampilan Google Maps.
  • Masukkan titik lokasi tujuan.
  • Pastikan pilih menggunakan moda kendaraan mobil pribadi (ikon mobil).
  • Ketuk tombol "Rute" yang berwarna biru jika mengguna rute awal "Lokasi Anda" saat ini.

Secara otomatis estimasi tarif tol (tarif tol Google Maps) akan muncul pada rute perjalanan yang melalui jalan tol (warna biru). Jika tidak keluar, mungkin aplikasi Google Maps di HP Anda perlu diperbaharui.

Biasanya, selama masa mudik lebaran, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) memberikan diskon tarif tol. Namun diskon tarif tol yang diberikan rutin ini terakhir diberlakukan pada 2019.  

Saat 2019 seluruh BUJT yang berada di bawah naungan Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) telah menyepakati pemberlakuan potongan harga sebesar 15%.

Saat ini Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) masih menunggu kebijakan dari masing-masing BUJT dalam penerapan diskon tarif tol untuk mudik Lebaran 2023. 

Itulah cara melihat tarif tol di Google Maps yang bisa kamu coba. Kamu bisa lebih mudah merencanakan perjalanan dan menyiapkan saldo e-toll yang cukup untuk perjalanan mudik nanti.

Sumber: HiTekno.com (Pasha Aiga Wilkins)

Editor : Reza

Tags :
BERITA TERKAIT