Sukabumi Update

Madsaz: Aplikasi Penerjemah Tangisan Bayi Pertama di Indonesia

Ilustrasi. Bayi Menangis | Madsaz: Aplikasi Penerjemah Tangisan Bayi Pertama di Indonesia (Sumber : pixabay.com/@StockSnap)

SUKABUMIUPDATE.com - Aplikasi Madsaz adalah salah satu karya inovatif yang berguna untuk menerjemahkan tangisan bayi. Aplikasi penerjemah tangisan bayi ini diciptakan oleh para akademisi Indonesia.

Pencipta Aplikasi Madsaz itu adalah Medhanita Dewi Renanti yang dibantu oleh Agus Buono, Wisnu Ananta Kusuma, Karlisa Priandana, dan Sony Hartono Wijaya. Adapun Medhanita Dewi Renanti adalah Dosen Manajemen Informatika Sekolah Vokasi dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Jawa Barat.

Interface Madsaz: Aplikasi Penerjemah Tangisan Bayi Pertama di IndonesiaInterface Madsaz: Aplikasi Penerjemah Tangisan Bayi Pertama di Indonesia

Aplikasi Madsaz merupakan otomatisasi dari Dunstan Baby Language yang dapat memberikan informasi terkait kesehatan bayi, dilansir via indohcf-award.com. Tangisan bayi versi Dunstan Baby Language bersifat universal, meskipun berbeda negara, suku bangsa dan bahasa.

Baca Juga: 31 Contoh Paribasa Sunda dan Artinya, Salah Satunya Caang Bulan Opat Welas

Keren! Aplikasi penerjemah tangisan bayi “Madsaz” adalah aplikasi pertama di Indonesia. Madsaz digunakan untuk menerjemahkan tangisan bayi di rentang usia 0-3 bulan dengan tingkat akurasi 94%.

Madsaz 1.0: Aplikasi Penerjemah Tangisan Bayi Pertama di IndonesiaMadsaz 1.0: Aplikasi Penerjemah Tangisan Bayi Pertama di Indonesia

Beberapa alasan mengapa Aplikasi Madsaz diciptakan yaitu:

  • Masih jarangnya produk kepakaran tertentu yang digunakan untuk menentukan arti tangis bayi, sehingga orang tua masih sulit mengakses informasi tersebut.
  • Masih banyak pasangan muda terutama ibu yang belum mengetahui arti tangisan bayinya sendiri, sehingga orang tua bisa stres ketika bayinya menangis dengan kencang.
  • Belum ada software berbasis android yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi arti tangis bayi versi Dunstan Baby Language.

Baca Juga: 39 Contoh Paribasa Sunda dan Artinya, "Dibere Sabuku Menta Sajeungkal"

Sementara itu, untuk metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan dalam Madsaz: Aplikasi penerjemah tangisan bayi adalah Extreme Programming.

Interface Madsaz: Aplikasi Penerjemah Tangisan Bayi Pertama di IndonesiaInterface Madsaz: Aplikasi Penerjemah Tangisan Bayi Pertama di Indonesia

Proses pembuatan aplikasi ini menggunakan Mel Frequency Cepstrum Coefficients untuk ekstraksi ciri dan codebook dalam pengenalan pola suara bayi. Pembentukan codebook berasal dari hasil clustering semua data tangis bayi dengan menggunakan k-means clustering.

Sumber: indohcf-award.com

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT