Sukabumi Update

Mengenal Autentikasi Dua Faktor, Fitur Amankan Medsos Selain Kode OTP

Ilustrasi. Kata sandi atau Password | Mengenal Autentikasi Dua Faktor, Fitur Amankan Medsos Selain Kode OTP | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Fitur One Time Password atau OTP pada sistem keamanan akun secara digital bertujuan untuk mencegah beberapa bentuk pencurian identitas. Ini memastikan bahwa pasangan kata sandi yang diambil tidak dapat digunakan untuk kedua kalinya, Updaters akan menemukan OTP.

Berdasarkan dataindonesia.id, Indonesia tercatat sebagai negara dengan jumlah pengguna Instagram terbesar keempat di dunia, setelah India, Amerika Serikat, dan Brasil.

Indonesia disebutkan memiliki 99,9 juta pengguna aktif bulanan Instagram pada April 2022 lalu. 

Baca Juga: 10 Cara Memahami Karakter Seseorang, Coba Tanya Pandangan Hidupnya

Keamanan akun digital dengan OTP selalu muncul saat pembuatan akun baru untuk meminta kode verifikasi. Selain Kode OTP, upaya pengamanan akun digital juga dapat dilakukan dengan Autentikasi dua faktor (Two Factor Authentication/2FA). 

Nah, pada pengaturan media sosial instagram kamu dapat meningkatkan keamanan akun dengan cara autetinkasi dua faktor. Lantas apa itu Autentikasi dua faktor (Two Factor Authentication/2FA)? Simak penjelasannya berikut ini!

Melansir dari urbandigital.id, Autentikasi dua faktor (Two Factor Authentication/2FA) adalah sebuah fitur keamanan yang disediakan oleh Instagram. 

Baca Juga: 5 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan, Bisa Menurunkan Kadar Asam Urat

Keamanan akun digital dapat digunakan apabila fitur ini diaktifkan. Saat fitur Autentikasi dua faktor diaktifkan kamu akan diminta untuk memasukkan kode login khusus.

Kamu juga akan diminta konfirmasi percobaan login setiap kali perangkat baru mencoba akses akun Instagram milikmu.

Pada sistem keamanan ini Instagram menyediakan dua metode yaitu menggunakan kode SMS (Short Message Service), atau kode login dari aplikasi autentikasi pihak ketiga.

Cara kerja keamanan akun dengan Autentikasi Dua Faktor 

Autentikasi dua faktor akan bekerja untuk mengamankan akun milikmu dengan cara yang sederhana. Kamu hanya dapat menggunakan satu perangkat untuk login akun instagram.

Artinya, apabila perangkat lain terdeteksi (hackers) mencoba masuk ke akun instagram yang kamu miliki, kamu akan menerima notifikasi keamanan pada perangkat yang sedang kamu gunakan.

Baca Juga: 10 Alasan Menjadi Orang Introvert Itu Baik, Banyak Kelebihannya!

Hanya saja apabila kamu mengamankan akun dengan fitur ini, kamu tidak dapat login akun instagram lebih dari satu perangkat.

Misalnya kamu login menggunakan Smartphone, maka kamu tidak dapat login pada perangkat Laptop yang kamu miliki.

Sumber: Berbagai Sumber.

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT