Sukabumi Update

Cara Cek Kuota Sekolah SNBP 2024 Online untuk Seleksi Masuk PTN

Ilustrasi. Cara Cek Kuota Sekolah SNBP 2024 Online untuk Seleksi Masuk PTN (Sumber : pixabay.com/LeoFontes)

SUKABUMIUPDATE.com - SNBP adalah singkatan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi. SNBP merupakan salah satu jalur seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang mengacu pada prestasi siswa atau jalur rapot.

Cara Cek Kuota Sekolah SNBP 2024 ramai dicari mengingat Kuota SNBP 2024 bagi peserta yang eligible dari sekolah dan dapat mengikuti SNBP 2024 diumumkan hari ini, Kamis, 28 Desember 2023.

SNBP merupakan salah satu jalur seleksi bagi calon mahasiswa baru dalam rangkaian Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru atau SNPMB tahun 2024. Seperti namanya, SNBP dilakukan berdasarkan riwayat prestasi akademik atau rapor siswa dari semester 1 hingga semester 5 di jenjang pendidikan menengah atas.

Baca Juga: 10 Ciri Anak Memiliki Sifat Buruk, Bunda Perhatikan Sikapnya!

Selain itu, penilaian dalam seleksi SNBP untuk masuk PTN mencakup prestasi non-akademik. Merujuk Tempo.co, ada ketentuan persentase alokasi siswa untuk SNBP 2024 yang harus diperhatikan, simak ulasannya!

Diketahui, persentase alokasi siswa yang eligible mengikuti SNBP ditentukan berdasarkan akreditasi sekolah.

Untuk sekolah yang terakreditasi A, maka 40 persen siswa terbaiknya dapat mengikuti SNBP. Sementara bagi sekolah terakreditasi B, alokasi peserta SNBP adalah 25 persen siswa terbaik sekolah. Terakhir, hanya 5 persen saja dari siswa terbaik di sekolah terakreditasi C dan lainnya bisa mengikuti SNBP.

Panitia SNPMB 2024 juga mengatur ketentuan pemeringkatan siswa oleh sekolah. Sekolah melakukan pemeringkatan pada siswa dengan memperhitungkan nilai rata-rata seluruh mata pelajaran, mulai dari semester 1 sampai dengan semester 5.

Baca Juga: 12 Ciri Orang Memiliki Sifat Jahat, Apa Kamu Termasuk?

Kemudian, sekolah dapat menambahkan kriteria lain berupa prestasi akademik dalam menentukan peringkat siswa, jika ada nilai yang sama.

Khusus bagi sekolah Implementasi Kurikulum Merdeka, kriteria lain yang dapat digunakan adalah capaian siswa dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau P5.

Cara Cek Kuota Sekolah SNBP 2024

Jumlah siswa di sekolah yang dapat mengikuti SNBP 2024 dapat diketahui secara mandiri melalui laman resmi SNPMB https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ dan pilih menu tiga garis di sisi kiri beranda dan klik SNBP.

Hak Sanggah SNBP 2024

Panitia SNPMB 2024 juga memberikan kesempatan bagi sekolah untuk melakukan sanggah perihal kuota siswa. Tahap ini dapat dilakukan pada rentang 28 Desember 2023 sampai 17 Januari 2024.

Baca Juga: 10 Ciri Pasangan Tidak Mencintai Kita Lagi, Sedang Mengalaminya?

Ketentuan sanggah yang berkaitan dengan akreditasi sekolah dapat diakses melalui https://bansm.kemdikbud.go.id.

Sementara itu, sanggah perihal jumlah siswa dilakukan dengan menghubungi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) atau Education Management Information System (EMIS).

Timeline SNBP 2024

  • Pengumuman kuota sekolah: 28 Desember 2023
  • Masa sanggah kuota sekolah: 28 Desember 2023 - 17 Januari 2024
  • Pengisian PDSS: 9 Januari - 9 Februari 2024
  • Pendaftaran SNBP: 14 - 28 Februari 2024
  • Pengumuman hasil SNBP: 26 Maret 2024

Sumber: Tempo

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT