Sukabumi Update

E-Kinerja BKN: Tata Cara dan Manfaat untuk Pembayaran Tunjangan Kinerja ASN

Ilustrasi Tes CPNS. | E-Kinerja BKN: Tata Cara dan Manfaat untuk Pembayaran Tunjangan Kinerja ASN (Sumber : Foto: Instagram/@cpnsindonesia.id)

SUKABUMIUPDATE.com - E-Kinerja BKN adalah sebuah aplikasi digital yang memberi kemudahan kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN). E-Kinerja BKN termasuk bagian dari implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang menjadi salah satu program prioritas pemerintah.

E-Kinerja BKN digunakan untuk mendukung pengelolaan kinerja pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di instansi pemerintah. Merujuk balitbangdiklat.kemenag.go.id, E-Kinerja BKN telah terintegrasi dengan Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara (SI-ASN BKN).

Aplikasi E-Kinerja BKN ini dapat diakses melalui tautan https://kinerja.bkn.go.id.

Baca Juga: 12 Ciri Anak Stres Karena Mengalami Tekanan Batin, Bund Yuk Kenali!

Adapun penjelasan lengkap E-Kinerja BKN tercantum jelas dalam Surat Edaran Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 11 Tahun 2023 Tentang Penggunaan dan Pemanfaatan Aplikasi E-Kinerja Badan Kepegawaian Negara. Berikut informasi seputar Aplikasi E-Kinerja BKN lengkap:

Sistem Informasi Pengelolaan Kinerja Pegawai ASN yang selanjutnya disebut Aplikasi e-Kinerja BKN adalah aplikasi berbagi pakai berbasis elektronik yang memuat tahapan pengelolaan kinerja pegawai ASN. E-Kinerja BKN terdiri dari:

  • perencanaan kinerja pegawai ASN
  • pelaksanaan, pemantauan, dan pembinaan kinerja pegawai ASN
  • penilaian kinerja pegawai ASN
  • tindak lanjut hasil evaluasi kinerja pegawai ASN

Baca Juga: 8 Ciri Orang Tua Stres Karena Mengalami Tekanan Batin

Tata Cara Pengajuan Penggunaan Aplikasi E-Kinerja BKN

Bagi instansi pemerintah yang akan menggunakan Aplikasi E-Kinerja BKN dapat mengajukan permohonan penggunaan Aplikasi E-Kinerja BKN.

Permohonan disertai penunjukan 1 (satu) orang pegawai sebagai admin Aplikasi E-Kinerja BKN pada instansi pemerintah yang bersangkutan kepada unit kerja yang menyelenggarakan tugas.

Pengajuan juga disertai fungsi pengelolaan kinerja pegawai ASN di BKN dengan tembusan kepada unit kerja yang menyelenggarakan tugas dan fungsi pembangunan dan pengembangan sistem informasi ASN di BKN.

Baca Juga: 12 Penyebab Anak Mengalami Tekanan Batin, Banyak Tuntutan dari Orang Tua!

Pengajuan permohonan yang dimaksud dilakukan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) atau Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang membidangi kepegawaian.

Tata Cara Penggunaan Aplikasi E-Kinerja BKN

Penggunaan Aplikasi E-Kinerja BKN sesuai buku panduan aplikasi kinerja pegawai ASN yang dapat diakses pada Helpdesk SIASN melalui tautan https://support-siasn.bkn.go.id dalam menu buku petunjuk.

Manfaat Aplikasi E-Kinerja BKN

Aplikasi E-Kinerja BKN dapat dimanfaatkan oleh instansi pemerintah antara lain:

  • Pengelolaan kinerja pegawai ASN mulai dari penyusunan SKP hingga penilaian SKP dan tindak lanjut menjadi lebih mudah, efektif, efisien, dan akuntabel.
  • Percepatan layanan kepegawaian dalam SIASN seperti layanan kenaikan pangkat dan layanan pemberhentian yang terintegrasi dengan SIASN, tanpa perlu mengunggah
    dokumen atau melakukan penyelarasan/sinkronisasi data penilaian kinerja.

Baca Juga: 11 Cara Mengenali Orang yang Menyukai Kita, Perhatikan Sikapnya!

  • Dasar pembayaran Tunjangan Kinerja/Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) dengan cara:
  • admin instansi pemerintah mengunduh data penilaian kinerja pegawai secara periodik sesuai dengan kebutuhan pada menu laporan
  • mengintegrasikan sistem pembayaran TPP dengan Aplikasi E-Kinerja BKN.

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT