Sukabumi Update

Mudah dan Simpel! 3 Tips Menyembunyikan Aplikasi di HP Android

Ilustrasi. Menyembunyikan aplikasi di HP Android sangat mudah. (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Menyembunyikan aplikasi di ponsel Android adalah proses membuat aplikasi tidak terlihat di layar beranda atau laci aplikasi. Aplikasi yang disembunyikan masih dapat diakses, tetapi hanya melalui pengaturan atau dengan cara lain.

Ada beberapa alasan untuk menyembunyikan aplikasi di ponsel Android. Beberapa orang mungkin ingin menyembunyikan aplikasi yang mereka gunakan untuk tujuan pribadi, seperti menyembunyikan kerahasiaan. Yang lain mungkin ingin menyembunyikan aplikasi yang mereka anggap tidak penting atau tidak relevan.

Meskipun Android tidak memiliki alat bawaan untuk menyembunyikan aplikasi, tetapi terdapat cara lain yang bisa diaplikasikan. Berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk menyembunyikan aplikasi bagi pengguna Android, dihimpun dari Tempo.co.

Baca Juga: 9 Ciri Orang yang Tidak Akan Mendapatkan Ketenangan Selama Hidupnya

1. Menginstal Aplikasi Pihak Ketiga di Android

Seseorang dapat memilih menginstal aplikasi pihak ketiga yang dapat diunduh langsung dari Play Store. Seseorang dapat memilih Microsoft Launcher untuk kebutuhan dasar menyembunyikan aplikasi karena gratis. Selain itu, seseorang juga dapat mengunduh aplikasi berbayar seperti Nova Launcher dan Apex Launcher. 

2. Membuat Folder Aplikasi 

Cara lain untuk menyembunyikan aplikasi di Android dengan mengatur ke dalam folder di layar beranda. Cara ini sederhana dan mudah digunakan untuk menyembunyikan aplikasi. Bahkan, cara ini juga menjaga aplikasi tertentu tetap terpisah dan teratur dalam perangkat.

Di Android, seseorang dapat membuat folder aplikasi menggunakan beberapa metode. Dilansir dari Geeksforgeeks.org, salah satu metode yang digunakan melalui fitur “Tekan Panjang” dengan langkah berikut:

  • Pergi ke Layar Utama
  • Tekan lama dan tahan pada ikon aplikasi yang ingin disembunyikan
  • Seret ikon aplikasi ke aplikasi lain. Tindakan ini akan membuat folder yang berisi aplikasi pilihan untuk disatukan dan disembunyikan
  • Tambahkan lebih banyak aplikasi ke folder hanya dengan menyeret dan menjatuhkannya ke dalam folder
  • Ganti nama folder yang dibuat dengan mengetuk namanya. Pertimbangkan untuk memberinya nama yang umum agar tidak menarik perhatian orang lain bahwa folder tersebut “rahasia”.

Baca Juga: 12 Ciri Orang yang Sulit Mendapatkan Ketenangan dan Kebahagian Hingga Tua

3. Menggunakan Fitur Beberapa Profil Pengguna 

Beberapa profil pengguna atau “Mode Tamu” di Android memungkinkan akun pengguna yang berbeda dengan pengaturan, aplikasi, dan data dipersonalisasi setiap akun. Adapun langkah-langkah menerapkan metode ini sebagai berikut: 

  • Buka “Pengaturan”, lalu pilih “Sistem” atau “Pengguna & Akun” 
  • Pilih “Beberapa pengguna” atau “Pengguna”
  • Lalu, klik “Tambah pengguna” atau “Tambah profil” untuk membuat akun pengguna baru
  • Ikuti petunjuk di layar untuk mengatur profil baru dengan nama unik
  • Setelah profil dibuat, seseorang dapat beralih di antara akun pengguna dari layar kunci atau mengakses menu pengguna di “Pengaturan”. Seseorang juga sukses menyembunyikan aplikasi di ponsel Android. 

Sumber: Tempo.co

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT