Sukabumi Update

3 Cara Cek CCTV Online untuk Pantau Lalin Libur Isra Miraj dan Imlek 2024

Ilustrasi - 3 Cara Cek CCTV Online untuk Pantau Lalin Libur Isra Miraj dan Imlek 2024 (Sumber : Freepik/freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Libur panjang akhir pekan dalam rangka Isra Miraj dan Imlek 2024 yang berdekatan dimanfaatkan banyak orang untuk pergi berlibur atau kembali ke kampung halaman.

Hal tersebut tentunya akan membuat pengguna jalan raya meningkat drastis karena banyak orang bepergian di waktu bersamaan.

Maka tak mengherankan jika di momen seperti itu rawan terjadi kemacetan lalu lintas (lalin) terutama di jalan-jalan yang menuju ke destinasi wisata.

Namun, dengan berkembangnya teknologi, saat ini pengendara bisa memantau kondisi lalu lintas yang akan dilalui secara langsung menggunakan rekaman CCTV online pemantau lalu lintas.

Baca Juga: Cerita Pengendara Terjebak Macet Libur Isra Miraj di Tol Bocimi Parungkuda

Rekaman-rekaman CCTV tersebut bisa diakses secara melalui ponsel pintar tiap pengendara. Lalu bagaimana cara mengaksesnya? Berikut ulasannya seperti dikutip dari Tempo.co.

1. CCTV RTTMC

Situs Road Transport and Traffic Management Center (RTTMC) dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memiliki layanan live streaming kondisi lalu lintas.

Rekaman tersebut bersumber dari kamera CCTV yang terpasang di beberapa ruas jalan, dan dipantau lewat live streaming CCTV di website RTTMC Kemenhub.

Meskipun tidak semua ruas jalan di Indonesia bisa dipantau, setidaknya ada lebih dari 30 CCTV yang terpasang di titik rawan kemacetan, seperti pada jalur Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Untuk mengaksesnya, kalian bisa kunjungi link streaming CCTV pada http://rttmc.dephup.go.id/rttmc/livecctv lewat browser di ponsel.

Baca Juga: Link Streaming CCTV Pantauan Lalu Lintas Jalur Utara Sukabumi-Palabuhanratu

2. Aplikasi Travoy

Jasa Marga juga menyediakan aplikasi layanan untuk memantau streaming CCTV secara online bernama Travoy. Caranya mudah, pengguna hanya mengunduh aplikasi Travoy yang tersedia di Play Store dan juga Apps Store.

Setelah itu, pengguna bisa langsung terhubung dengan CCTV yang terdekat dengan lokasi, dan bisa juga mengecek keadaan jalan tol yang akan dilewati nantinya.

Untuk mengakses CCTV lalu lintas di Travoy, caranya buka menu ‘Maps’ yang tertera di halaman awal aplikasi. Setelah peta terbuka, klik ikon kamera CCTV yang muncul di ruas jalan tol dan siaran lalu lintas terkini bisa langsung dilihat.

Baca Juga: 10 Karet di Mobil yang Perlu Rutin Dicek, Tidak Cuma Ban!

3. CCTV Lewatmana.com

Selain badan milik pemerintah, ada juga website pihak swasta bernama Lewatmana.com yang bisa digunakan untuk memantau live streaming CCTV kondisi lalu lintas.

Website yang dikelola oleh pihak swasta ini memiliki beberapa CCTV yang terpasang pada ruas jalan di wilayah DKI Jakarta, Bandung, Depok, dan Surabaya.

Saat ini, tampaknya layanan live streaming CCTV dari Lewatmana.com hanya dapat menyajikan kondisi lalu lintas di wilayah DKI Jakarta. Sementara itu, pada tiga wilayah lainnya, tertulis bahwa layanan live streaming sedang offline.

Untuk bisa mulai cek kemacetan lalu lintas, kunjungi link live streaming CCTV berikut https:/lewatmana.com/, menggunakan browser di ponsel.

Sumber: Tempo.co

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT