Sukabumi Update

Cara Mengunci WhatsApp Biar Gak Diintip Orang Kepo

SUKABUMIUPDATE.com - Kamu pengen mengunci WhatsApp biar gak diintip orang lain? Pasti rasanya ilfil banget ketika ada teman atau orang lain yang suka iseng dan kepo sama isi percakapan di HP kamu. Padahal, setiap percakapan yang ada di platform sosial media apapun ada hak privasi milik user atau penggunanya masing-masing, sehingga mencoba mengintip percakapan atau chat milik orang lain itu gak sopan dan suatu tindakan melanggar privasi seseorang loh!

Yang paling parah banget, ada tuh orang yang alasannya iseng tapi berdampak memalukan buat kita, yakni ketika dia 'membajak' HP kamu lalu masuk ke aplikasi WhatsApp dan mengirimkan pesan-pesan aneh ke beberapa daftar kontak teman yang ada di sana.

Kalau yang baca pesannya cuman temen sih gak apa apa karena paling dianggap becanda aja, tapi kalau yang baca pesannya rekan bisnis atau keluarga gimana coba? Bisa repot nantinya dan berpotensi menimbulkan miskomunikasi yang dapat berujung salah paham hingga pertengkaran.

Nah, karena masalah ini kerap kali ditemukan dan dirasakan oleh banyak orang, berikut kami berikan sejumlah cara untuk mengunci WhatsApp kamu agar tidak diintip atau dibajak oleh si kepo yang tangannya jahil.

Cara mengunci WhatsApp di Android

Ini lumayan cukup ampuh dan dapat menghindari WhatsApp kamu dikepoin orang lain, silahkan gunakan fitur pemasangan password atau fingerprint (sidik jari) melalui fitur pengaturan privasi. Dengan fitur ini, setiap kali kamu atau siapapun yang ingin membuka aplikasi WhatsApp harus mengetahui password atau menempelkan sidik jari pemilik dari akun WhatsApp tersebut. 

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Update aplikasi WhatsApp ke versi terbaru

2. Masuk ke aplikasi WhatsApp

3. Buka menu "Settings"

4. Pilih menu "Account" lalu masuk ke menu "Privacy"

5. Di bagian bawah, ada menu pilihan "Fingerprint Lock"

6. Nyalakan toggle "Unlock with Fingerprint" selanjutnya pilih "Set Up"

7. Nah kamu akan diberikan pilihan untuk mengatur jenis pengamanan seperti apa yang kamu ingin gunakan, ada yang menggunakan pattern atau pola, input PIN dan sidik jari.

Yang paling ampuh dan efektif sih sidik jari, karena dengan mengaktifkan fitur ini mau gak mau siapapun yang mau buka aplikasi WhatsApp di HP kamu, harus menempelkan jari jempol pemilik WhatsApp agar dapat dibuka.

Atur Jeda Waktu Penguncian WhatsApp

Ada pengaturan jeda waktu untuk mengaktifkan penguncian WhatsApp yang sebelumnya telah kamu atur seperti yang dipaparkan di atas.

Pilihannya ada "immediately" yang artinya jika kamu mengaktifkan pilihan ini, WhatsApp akan secara langsung mengunci ketika kamu mencoba menutup aplikasinya atau mengunci layar Android.

Pilihan lainnya, kamu bisa mengatur jeda waktu penguncian WhatsApp berdasarkan menit sesuai kebutuhan. Ada yang 1 menit, 5 menit, 10 menit hingga 30 menit.

Atur Kemunculan Notifikasi Percakapan WhatsApp

Meskipun WhatsApp kamu telah terkunci, tapi orang lain masih dapat melihat isi percakapan anda melalui notifikasi pada HP. Maka dari itu, non aktifkan fitur notifikasi pesan ini, caranya kamu harus mengunci WhatsApp dulu seperti yang sudah diterangkan di awal, lalu pada menu pengaturan jeda waktu penguncian, di bagian bawahnya terdapat toggle on/off nya. 

Jika kamu mengaktifkan toggle tersebut, maka notifikasi pesan akan tetap muncul, jika kamu mematikannya maka notifikasi pesan tidak akan muncul dan harus masuk dulu ke WhatsApp nya agar notifikasi berbagai pesan bisa muncul.

Cara mengunci WhatsApp di iOS

1. Masuk ke aplikasi WhatsApp lalu pilih menu Settings

2. Pilih menu "Account" lalu masuk ke menu "Privacy"

3. Di bagian bawah akan ada pilihan "Screen Lock"

4. Nyalakan toggle On untuk "Require Touch ID/Face ID"

Sama seperti Android, kamu juga diberikan pilihan untuk mengatur jeda waktu penguncian. Namun bedanya, di iOS kamu tidak dapat mengatur kemunculan notifikasi percakapan yang ada di WhatsApp.

Aplikasi Pihak Ketiga Untuk Proteksi WhatsApp

1. AppLock (Android)

2. Smart AppLock (Android & iOS)

3. LOCKit (Android)

4. Norton App Lock (Android)

5. Perfect AppLock (Android)

Aktifkan Fitur Two-Step Verification WhatsApp

Fitur ini juga membuat si kepo bakal kerepotan karena siapapun yang ingin mengakses WhatsApp kamu, harus melakukan verifikasi PIN terlebih dahulu dan fitur ini aktif terus secara berkala. Berikut cara pengaturannya untuk di HP Android dan iOS:

1. Masuk ke aplikasi WhatsApp

2. Pilih menu "Settings" lalu pilih menu "Account"

3. Lalu masuk ke menu "Two-step verification" dan pilih "Enable"

4. Buat 6 digit PIN 

5. Masukan email kamu untuk melengkapi data

Nah, demikian cara mengunci WhatsApp agar privasi tetap terjaga dan si tangan jahil gak bisa lagi ngepoin dan gangguin privasi kamu, selamat mencoba!

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI