Sukabumi Update

Tingkatkan Keamanan Aplikasi di Web dan Desktop, WhatsApp Gunakan Fitur Ini

SUKABUMIUPDATE.com - WhatsApp telah meningkatkan fitur keamanan untuk versi web dan desktop. Aplikasi ini menambah lapisan keamanan saat pengguna ingin menyingkronkan akun dari ponsel ke komputernya.

"Kami memanfaatkan sistem operasi ponsel yang telah mendukung fitur autentikasi wajah atau sidik jari," kata WhatsApp, Kamis, 28 Januari 2021.

Dengan adanya fitur tersebut, mengharuskan pengguna melakukan autentikasi biometrik pada ponsel mereka sebelum memindai kode QR. Hal ini dilakukan saat akan menyinkronkan akun pengguna dengan WhatsApp Web atau desktop.

Sepanjang tahun ini, aplikasi besutan Facebook ini memang memiliki sejumlah rencana untuk menambahkan fungsi baru untuk pemakaian WhatsApp di perangkat desktop Mac dan Windows, serta di Web. Mereka menginginkan performa yang setara dengan aplikasi versi ponsel.

Menurutnya, penambahan lapisan keamanan tersebut akan meminimalisasi kemungkinan teman atau rekan kerja pengguna untuk menyinkronkan akun ke perangkat lain tanpa sepengetahuan pengguna.

Tujuan WhatsApp menghadirkan fitur ini adalah untuk memperkuat sistem keamanan yang sudah ada sebelumnya, yakni memunculkan notifikasi ketika ada yang login di Web atau desktop. Termasuk pengaturan untuk keluar dari semua perangkat di aplikasi ponsel yang bisa digunakan kapan pun.

Autentikasi wajah dan sidik jari yang dilakukan di perangkat pengguna pun telah terlindungi oleh sistem keamanan privasi. Hal ini membuat WhatsApp tidak dapat mengakses informasi biometrik yang tersimpan di sistem operasi ponsel pengguna.

WhatsApp juga akan merilis pembaruan sistem keamanan antar perangkat, bersamaan dengan desain visual baru untuk versi Web. Pembaruan ini akan tersedia di ponsel pengguna yang kompatibel dalam beberapa waktu mendatang.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI