Sukabumi Update

Dicatat Ya! Begini Cara Melacak Nomor Telepon Tak Dikenal

SUKABUMIUPDATE.com - Penasaran dengan nomor telepon tak dikenal? Memblokir adalah cara tercepat jika kita merasa terganggu, namun ada cara menjawab penasaran dengan melacak nomor telepon tersebut.

Bisa dengan bantuan aplikasi bernama Truecaller. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang mampu mengindentifikasi nomor yang masuk ke handphone Android atau iOS kamu melalui telepon maupun SMS.

Aplikasi ini memiliki database jutaan info nomor telepon yang telah diidentifikasi sebelumnya. Artinya, kita bisa mencari tahu panggilan yang tidak terjawab dan melakukan langkah seperti memblokir mereka bila perlu. Cara menggunakan aplikasi ini pun tergolong sangat mudah.

Pertama, tentu saja dengan terlebih dahulu untuk mengunduh dan membuka aplikasi ini di gadget. Kemudian berikan izin akses aplikasi dengan mengetuk Allow. Lalu masukkan nomor telepon kamu dan ketuk tombol Continue. Langkah selanjutnya ialah membuat profil Truecaller menggunakan akun FB, Google, atau mengetik namanya secara manual.

Lihat nomor yang menghubungi kamu di daftar log panggilan & SMS yang muncul. Kemudian buka menu Contacts, masukkan nomor telepon yang ingin kamu lacak pada kolom pencarian. Lalu nomor yang telah dimasukkan akan dicocokkan dengan database Truecaller dengan lebih dari 5 miliar nomor terdaftar di database mereka.

Selain itu, Truecaller juga memiliki fitur lain seperti bisa untuk memblokir panggilan dari nomor yang terdeteksi spam, melihat nomor yang terdaftar sebagai spam, dan blokir nomor tersembunyi. Kemudian aplikasi ini bukan hanya bisa digunakan via gadget, tetapi juga bisa langsung digunakan lewat website resmi melalui PC atau laptop.

Caranya yaitu dengan mengunjungi website resmi Trucaller di https://www.truecaller.com/. Dilanjutkan dengan memilih kode telepon negara Indonesia. Kemudian akan diarahkan untuk melakukan Sign In menggunakan akun Google atau Microsoft. Lalu masukan nomor telepon yang ingin dilacak di kolom pencarian. Klik ikon Search dan tunggu beberapa saat hingga Truecaller selesai cari nomor tersebut dan mencocokkannya dengan database yang mereka miliki.

SUMBER: TEMPO.CO

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI