Sukabumi Update

Tiktok Hingga PUBG, Daftar Aplikasi Tak Bisa Diakses Kuota Gratis Kemendikbud

SUKABUMIUPDATE.com  - Kemendikbud Ristek atau Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi kembali menyalurkan kuota gratis untuk pembelajaran daring. Bantuan internet ini disalurkan sejak 11 hingga 15 September, 11-15 Oktober, dan 11-15 November 2021.

Pemerintah menyatakan kuota ini hanya dapat digunakan untuk kepentingan pembelajaran. Penerima bantuan pun diharapkan bisa menggunakannya dengan baik demi mendapatkan manfaat pembelajaran jarak jauh yang optimal.

Mengutip dari laman Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), ada sederet aplikasi yang tidak bisa diakses menggunakan kuota internet ini. Mulai dari aplikasi sosial media, game, hingga video aplikasi. 

Beberapa aplikasi tersebut yaitu:

-Sosial Media

Badoo

Bigo Live

Facebook

Instagram

YY

Twitter

Vive

Vkontakte

Tumblr

Tinder

Snapchat

Snack Video

Pinterest

Periscope

-Game

8 Ball Pool

Candy Crush

Clash of Clans

Clash of Kings

Clash Royale

Crisis Action

Fifa Mobile Football

Garena

Garena AOV

Garena Free Fire

Growtopia

Lineage Revolution

Mobile Legends

PUBG

Roblox

Steam

Lords Mobile: Battle of the Empires

photoGame Free Fire - (Free Fire)</span

-Video Aplikasi

JWPlayer

Likee

Netflix

TVUNetwork

QQVideo

Tiktok

Viu

Dailymotion

Kemendikbud memberikan kuota ini sebagai bentuk bantuan untuk belajar-mengajar yang dilakukan selama pandemi. Kemendikbud juga menyiapkan dua mekanisme utama untuk mengurangi potensi kuota terbuang karena tidak terpakai.

Dalam hal ini Kemendikbud mengganti kuota menjadi kuota umum. Selanjutnya Kemendikbud juga menyortir pengguna yang sudah tidak aktif di ronde pertama dihapus dalam daftar penerima bantuan kuota. Jumlah kuota gratis Kemendikbud ini pun berbeda-beda tergantung jenjang pendidikan.

SUMBER: WINDA OKTAVIA/TEMPO.CO

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI