Sukabumi Update

Mau Memindahkan Data WhatsApp ke Ponsel yang Baru? Ini Caranya

SUKABUMIUPDATE.com - WhatsApp menjadi aplikasi yang memudahkan para penggunanya berkirim pesan dengan pengguna yang lain atau dalam sebuah grup. Ada saatnya para pengguna aplikasi ini harus memindahkan data WhatsApp dari ponsel lama ke ponsel baru dan itu ada caranya.

Kebijakan keamanan End to End yang diterapkan WhatsApp menyebabkan aplikasi perpesanan instan ini tidak bisa menggunakan satu akun untuk beberapa device. Dilansir dari Tempo.co, jika pengguna mengganti ponsel lama dengan ponsel baru, mereka terpaksa memindahkan data WhatsApp ke ponsel baru tersebut jika ingin menggunakan akun yang sama. Lalu bagaimana caranya?

Melansir dari laman resmi WhatsApp, pengguna dapat memindahkan data WhatsApp dari ponsel lama ke ponsel baru. Tetapi tergantung jenis telepon yang digunakan, seperti Android ke Android. Sementara untuk iPhone ke Android sejauh ini baru ponsel Samsung terbaru yang bisa. Namun WhatsApp menjanjikan dalam waktu dekat memindahkan data WhatsApp dari iPhone ke seluruh gawai Android.

“Mentransfer lintas platform riwayat obrolan Anda saat ini hanya tersedia saat berpindah dari perangkat iOS iPhone ke perangkat Android Samsung, tetapi kami akan menyediakannya untuk pengguna Android dan iOS dalam beberapa bulan mendatang,” kata pihak WhatsApp.

Memindahkan data dari ponsel Android ke Android cukup mudah. Pengguna hanya perlu melakukan backup terlebih dahulu di Google Drive. Caranya, buka WhatsApp kemudian ketuk opsi lanjutan berupa titik tiga bagian kanan atas, ketuk opsi Setting atau Pengaturan, ketuk opsi Chat dan pilih opsi Chat Backup atau Cadangan Chat, pilih akun google untuk mencadangkan, dan terakhir ketuk tombol Backup dan tunggu prosesnya hingga selesai.

Jika sudah melakukan backup, buka aplikasi WhatsApp di ponsel baru yang telah diinstal, lalu verifikasi nomor yang digunakan di ponsel lama. Nantinya WhatsApp akan merekomendasikan kepada pengguna untuk memulihkan pencadangan, ketuk Restore untuk memulihkan obrolan dan media dari Google Drive.

Setelah proses pemulihan selesai, ketuk Berikutnya. Riwayat obrolan akan ditampilkan setelah inisialisasi selesai. Selanjutnya WhatsApp akan terus memulihkan file media setelah riwayat obrolan dipulihkan. Pastikan jaringan yang digunakan untuk backup dan pemulihan stabil karena WhatsApp biasanya mengandung data yang besar. Untuk itu sebaiknya gunakan jaringan WiFi untuk menghemat kuota internet.

Sumber: TEMPO.CO

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI