Sukabumi Update

Promosikan Budaya Di Dunia Virtual, Korea Selatan Akan Bentuk K-metaverse

SUKABUMIUPDATE.com - Korea Selatan dikabarkan sedang mempersiapkan K-metaverse, dunia virtual untuk memperkenalkan budaya negeri ginseng tersebut. Tentunya, K-metaverse juga akan semakin memanjakan para K-Popers.

Pengembangan K-metaverse ini sendiri diumumkan oleh Kementerian Sains dan Teknologi Korea Selatan.

Ini merupakan ambisi pemerintah Korea Selatan untuk mempromosikan budaya mereka di dunia digital, setelah sukses memperkenalkan K-Pop, K-food, dan K-beauty ke seluruh dunia.

photo(Ilustrasi) Metaverse. - (via citysignal.com)

Rincinya, Pemerintah Korea Selatan telah menyiapkan 7,5 miliar dolar AS atau 107 triliun rupiah untuk program Digital New Deal yang mencakup pengembangan metaverse dan kecerdasan buatan (AI).

Baca Juga :

Mengutip suara.com, Pemerintah Korea Selatan berencana membuat akademi metaverse untuk mendorong pendidikan dan melatih 40.000 ahli pada 2026.

Kementerian turut menyiapkan institut bahasa dalam bentuk metaverse demi memperkenalkan seni dan budaya Korea Selatan kepada warga negara asing dalam dunia digitalnya.

Korsel juga berambisi menyiapkan platform metaverse khusus Korea yang mengintegrasikan konten budaya. Tujuannya yakni demi menawarkan produk budaya Korea Selatan ke banyak orang dan memanfaatkan fenomena global hiburan Korea yang sukses seperti serial Squid Game.

Digital New Deal tak hanya ditujukan pada pengembangan metaverse Korea, tetapi juga pada sektor teknologi lainnya. Dari total Rp 107 triliun, 20 persen akan dialokasikan ke proyek yang disebut social overhead capital.

Proyek ini digambarkan seperti menerapkan teknologi mobil otonom di 2/3 jalan nasional dan memungkinkan kendaraan otonom bertukar data satu sama lain.

Kemudian 65 persen dari dana itu dihabiskan untuk proyek yang berkaitan dengan teknologi AI. Lalu 9 persen sisanya ditujukan untuk pengembangan dan promosi K-metaverse.

 

Sumber: suara.com

Editor : Aidil Fichri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI