Sukabumi Update

Ingin Foto yang Terhapus Permanen di Smartphone Android Kembali? Gunakan Cara Ini

SUKABUMIUPDATE.com - Foto merupakan salah satu file yang cukup penting, namun apa jadinya jika foto tidak sengaja terhapus di smartphone Android. Untuk mengembalikannya, ada beberapa cara yang bisa digunakan.

photo(Ilustrasi) foto di smartphone Android. - (via wikimedia)

Melansir tempo.co, berikut ini mengembalikan foto yang terhapus permanen di smartphone Android yang bisa kamu lakukan:

Baca Juga :

1. Cek Trash

Sama seperti perangkat komputer, banyak aplikasi Android memiliki fitur Recycle Bin yang dinamakan Trash. Hal ini berarti bahwa file tidak sepenuhnya dihapus. 

Untuk memeriksanya, kamu hanya perlu kembali ke tingkat atas pada tab Gambar atau Album, lalu ketuk menu di kanan atas. Ini akan membuka menu yang menyertakan opsi "Trash". Pilih itu, dan kamu akan dibawa ke folder dengan semua "foto yang dihapus". 

2. Periksa cadangan foto 

Layanan pencadangan foto, seperti Google Photo juga memiliki “Trash” yang menyimpan foto selama 60 hari. Namun, hal ini sedikit berbeda dengan mencadangkan foto mu ke Google Drive. Artinya, jika kamu benar-benar menghapus foto melalui aplikasi di HP Android mu, itu mungkin masih dapat diselamatkan melalui Google Photo. 

3. Coba aplikasi pemulihan data Android di PC 

Jika tidak satupun dari langkah-langkah ini berhasil, maka kamu harus mulai mencoba solusi pihak ketiga. Yaitu dengan menggunakan aplikasi pemulihan data Android yang terkadang dapat mengambil data yang sebenarnya telah hilang. 

Untuk menggunakan metode ini, kamu harus menginstal aplikasi pemulihan data di komputer atau PC terlebih dahulu. Aplikasi yang direkomendasikan bernama Recuva. 

4. Pakai aplikasi pemulihan data di Google Play Store 

Jika Recuva tidak membuahkan hasil, solusinya berikutnya adalah mencoba aplikasi pemulihan data Android yang diinstal langsung dari Google Play. Sejatinya, ini tidak terlalu mungkin menghasilkan hasil yang berbeda dengan Recuva. Tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba.

5. Hubungi pihak Android 

Meminta bantuan dari pihak Android mungkin adalah cara yang paling akhir yang bisa kamu lakukan. Pihak Android akan mengelola atau setidaknya memiliki akses ke server yang berisi cadangan file yang telah terhapus secara permanen. 

Sumber: tempo.co

Editor : Aidil Fichri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI