Sukabumi Update

Developer Rusia Luncurkan NashStore Pengganti Play Store

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu dampak dari sanksi yang dilayangkan ke Rusia adalah pemblokiran pembayaran Google untuk Google Play Store dan YouTube.

Tak diam, menanggapi sanksi tersebut sebuah organisasi developer teknologi Rusia mengumumkan akan membuat toko aplikasi sebagai pengganti Play Store yang disebut NashStore.

Baca Juga :

Dilansir dari suara.com, Platform ini akan kompatibel dengan sistem pembayaran kartu Mir Rusia yang memungkinkan pengembang aplikasi di Rusia menerima pembayaran dari pengguna aplikasinya.

"Orang Rusia sudah tidak dapat lagi menggunakan Google Play untuk membeli aplikasi, dan pengembang telah kehilangan sumber pendapatan mereka. Oleh karenanya kami membuat toko aplikasi Rusia, NashStore," ujar Vladimir Zykov, perwakilan dari organisasi Digital Platforms Rusia, dikutip dari Android Authority, Senin (4/4/2022).

Rencananya NashStore itu akan diluncurkan pada 9 Mei yang menjadi perayaan Hari Kemenangan Rusia di Perang Dunia Kedua.photoAplikasi NashStore Pengganti Play Store - (NTA)

Meski demikian, NashStore bukan satu-satunya toko aplikasi alternatif. Sebelumnya perusahaan teknologi Rusia, Yandex, juga menawarkan Yandex Store sebagai toko aplikasi alternatif untuk pengguna Android.

Ini juga bukan pertama kalinya toko aplikasi alternatif dibuat karena imbas sanksi. Sebelumnya pada 2019, Huawei juga ditolak aksesnya ke Google Play Store.

Dari sana, Huawei akhirnya meningkatkan toko aplikasi buatan sendiri yang diberi nama Huawei App Gallery.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Noity

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI