Sukabumi Update

Google Play Store Akan Sembunyikan Aplikasi Jadul

SUKABUMIUPDATE.com - Google mengeluarkan kebijakan baru terkait aplikasi jadul yang akan disembunyikan di Google Play Store atau toko aplikasi.

Kebijakan baru tersebut rencananya akan diberlakukan mulai November 2022 mendatang. 

Baca Juga :

Dilansir dari suara.com, menurut laporan Statista, Google Play Store saat ini menampung sekitar 3,5 juta aplikasi. Dari total keseluruhan itu, kemungkinan sebagian besar aplikasi sudah usang.

Untuk itulah Google membersihkan aplikasi lawas itu sekaligus demi menjaga keamanan pengguna. Aplikasi jadul ini bakal disembunyikan dari mereka yang memakai ponsel baru.photoGoogle Play Store. - ([shutterstock])

Mengutip Android Authority, Jumat (8/4/2022), aplikasi usang yang bakal disembunyikan Google adalah mereka yang menggunakan versi Android API (Application Programming Interface).

Artinya, aplikasi yang menggunakan Android 10 atau lebih lama akan diblokir ke pengguna baru. Kebijakan ini terus berlaku dengan jangka perbedaan waktu dua tahun.

Tapi untuk para pengguna ponsel lama, mereka masih bisa melihat aplikasi lawas itu di Play Store. Bahkan aplikasi masih bisa diunduh dan diinstal ulang apabila mereka beralih ke perangkat baru.

Jika aplikasi itu tak mau disembunyikan, maka para pengembang mesti rutin memperbarui aplikasi mereka. Jadi kebijakan baru ini tidak akan bermasalah bagi sebagian besar aplikasi dan game yang memang rutin dilakukan pembaruan.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Noity

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI