Sukabumi Update

4 Aplikasi yang Wajib Diinstal Saat Mudik Lebaran 2022

SUKABUMIUPDATE.com - Tinggal menghitung hari, Mudik Lebaran 2022 akan segera tiba. Tentunya momen ini sangat dinanti masyarakat setelah dua tahun dilakukan pembatasan mobilitas.

Saat ini pemerintah sudah memperbolehkan masyarakat untuk mudik di Hari Raya Idul Fitri.

Disis lain, semakin canggihnya teknologi yang memberikan kontribusi untuk kemudahan mudik kita, salah satu contohnya yakni berbagai aplikasi dibawah ini.

Baca Juga :

Disadur dari tempo.co, apabila mudik menggunakan pesawat, Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan mengeluarkan Surat Edaran (SE) nomor 36/2022 yang mengatur pengisian Electronic Health Alert Card alias e-HAC.

Atas kebijakan tersebut maka para pemudik dengan mode pesawat harus menginstal aplikasi PeduliLindungi sebagai aplikasi eHac.

Tak hanya aplikasi PeduliLindungi, beberapa aplikasi ini ternyata akan memudahkan perjalanan mudik lebaran kamu. Menyadur dari tempo.co, berikut empat aplikasi yang wajib diinstal saat Mudik Lebaran 2022.

1. Aplikasi pemesan tiket transportasiphotoIlustrasi Aplikasi pemesan tiket transportasi - (Traveloka)

Aplikasi pemesan tiket moda transportasi mudik lebaran kini banyak tersedia. Bukan hanya untuk pesawat dan kereta api saja, kini memesan tiket bus juga dapat dilakukan melalui aplikasi.

Seperti Traveloka, Tiket.com, dan beberapa aplikasi lainnya. Secara khusus PT Kereta Api Indonesia juga mengembangkan aplikasi KAI Access yang dapat melakukan pemesanan, pembatalan, dan perubahan jadwal dalam satu aplikasi tersebut.

2. Aplikasi pemantau lalu lintasphotoNavigasi Google Maps. - (IST)

Jika melakukan perjalanan melalui jalur darat, maka aplikasi pemantau aplikasi akan sangat berperan penting untuk kelancaran mudik lebaran kali ini. Salah satu manfaatnya yakni mengetahui titik-titik kemacetan.

Banyak sekali aplikasi yang tersedia untuk pemantauan lalu lintas, seperti Waze Mobile dan Google Maps yang bisa diunduh di perangkat gawai Anda.

Ada pula aplikasi yang dikembangkan Jasa Marga, Travoy alias Jasa Marga Live. Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan mendapatkan informasi seputar jalan tol di Indonesia. Di mana informasi diberikan secara real time dalam bentuk video CCTV.

3. Aplikasi pemantau cuacaphotoAplikasi pemantau cuaca - (Google Play)

Cuaca juga menjadi faktor penting dalam melakukan perjalanan mudik lebaran. Prediksi cuaca biasanya akan selalu dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika.

Aplikasi pemantau cuaca akan berguna untuk melihat prediksi cuaca saat melakukan perjalanan, atau bahkan sampai satu minggu kemudian. Ada banyak pilihan aplikasi pemantau cuaca, seperti Info BMKG.

4. Aplikasi hiburanphotoIlustrasi Aplikasi hiburanm game Sonic Origins - (Vio)

Hiburan tak kalah penting saat melakukan perjalanan mudik. Begitu banyak pilihan aplikasi hiburan yang bisa jadi teman mudik lebaran tahun 2022 ini. Mulai dari musik, permainan, radio, ataupun aplikasi pemutar film secara online.

Tapi jangan lupakan faktor keselamatan berkendara selama mudik Lebaran 2022.

SUMBER: TEMPO.CO

Editor : Noity

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI