Sukabumi Update

Mengenal Sosok Irpan, Libero Timnas Voli Indonesia dari Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Irpan, jadi salah satu anak muda Sukabumi yang berbakat dalam bidang olahraga bola voli. Kini ia diketahui bermain untuk klub voli Profesional Bogor Lavani yang didirikan oleh Mantan Presiden Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono.

Irpan lahir di Sukabumi, 12 Februari 1997, merupakan anak pertama dari tiga bersaudara dari pasangan bapak Rahmat dan ibu Imat yang berprofesi sebagai petani.

Di Sukabumi Irpan yang biasa disapa ‘Ipan’ ini tinggal di Kp. Cijulang, Desa. Bojongsari, Nyalindung, Kabupaten. Sukabumi.

Pemuda berzodiak Aquarius ini mengenyam pendidikan dasar di SDN Tanggeung Desa Bojongsari, Nyalindung, Kabupaten. Sukabumi.

Baca Juga :

Lulus sekolah dasar, Irpan melanjutkan pendidikannya di SMPN 6 Kota Sukabumi sebelum akhirnya melanjutkan pendidikan di MAN 1 Kota Sukabumi.

Semenjak SMP Irpan tinggal bersama pamannya di Kota Sukabumi, mengingat jarak dari rumah dengan tempatnya Ia bersekolah cukup jauh.

Setelah lulus sekolah menengah atas di tahun 2015, Ia melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi yang masih di Sukabumi yakni STKIP Bina Mutiara Sukabumi dan lulus tahun 2020.

Menjadi pemain voli profesional sebenarnya bukan cita-cita Irpan, sejak duduk di bangku sekolah menengah pertama, Ia bercita-cita menjadi seorang PNS (Pegawai Negeri Sipil), “perasaan bangga sekali kalau jadi PNS” kata Irpan saat dihubungi tim Sukabumiupdate.com.

Namun, hobinya bermain voli malah membawanya ke posisi sekarang dimana Ia telah menjelma jadi salah satu libero terbaik di Indonesia bahkan di Asia Tenggara.

Irpan mulai dikenal publik saat dirinya berhasil membawa klub Lavani menjadi juara kompetisi voli paling bergengsi di Indonesia yakni Proliga 2022.

Selain sukses mengantarkan Lavani meraih titel juara untuk pertama kalinya, di kompetisi itu juga Ia meraih prestasi individu yakni dinobatkan sebagai libero terbaik buah dari permainan ciamiknya selama berlaga di kompetisi Proliga 2022.

Prestasi itu juga yang menjadikannya dipercaya untuk memperkuat Timnas Voli Putra Indonesia yang berlaga di SEA Games 2021 Vietnam.

photoIrpan saat membawa Indonesia mempertahankan medali emas SEA Games 2021 Vietnam - (Istimewa)</span

Bersama Timnas, dibawah asuhan pelatih Jiang Jie, Irpan tampil baik dengan mengantarkan tim Merah Putih meraih medali emas SEA Games ke-31 Vietnam setelah mengalahkan tuan rumah di partai final dengan skor 3-0.

Sebelum menjadi pevoli profesional, Irpan sudah sering mengikuti berbagai kompetisi bola voli termasuk saat dirinya di perguruan tinggi STKIP Bina Mutiara Sukabumi.

Tercatat, pemuda berusia 25 tahun ini pernah meraih berbagai prestasi voli seperti Juara I Walikota Cup Kota Sukabumi, Juara I Bupati Cup Kabupaten Sukabumi, dan Juara I Bupati Cup di Cianjur dan lainnya. Tak mengherankan mengingat Irpan telah menyukai olahraga voli sejak dirinya duduk di bangku sekolah dasar.

Tak banyak yang tahu cerita awal Irpan bisa bergabung dengan klub Profesional Lavani. Irpan mengisahkan jika bertemu dengan Lavani merupakan sebuah kebetulan.

Saat itu ia mengikuti pertandingan persahabatan melawan klub asal Bogor tersebut, saat itu klub Lavani ini baru dibentuk dan sering melakukan uji tanding melawan klub-klub voli amatir.

Namun, siapa sangka usai bertanding itu Irpan dihubungi salah satu tim pelatih Lavani, Juandi Ahirudin dan diminta bergabung dengan klub yang bermarkas di Bogor, Jawa Barat tersebut.

Ia pun mengiyakan ajakan itu hingga akhirnya resmi menjadi bagian dari klub Lavani pada Desember 2019.

“Awalnya sih ikut tim Bogor waktu uji tanding sama tim Lavani, terus udah gitu ada panggilan suruh gabung” tutur Irpan.

Di klub Lavani Irpan dijuluki sebagai ‘Lumbalumba’ lantaran gayanya mengambil bola sewaktu bertanding seperti Lumba-lumba yang tengah melompat.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI