Sukabumi Update

Salah Hitung Lap, Aleix Espargaro Gagal Podium Moto GP Spanyol 2022

SUKABUMIUPDATE.com - Kejadian lucu terjadi di ajang balap motor paling ngebut di dunia, Moto GP, di seri Catalunya Barcelona Spanyol, 5 Juni 2022. Pembalap tuan rumah, Aleix Espargaro gagal naik podium gara-gara terlalu cepat selebrasi alias salah hitung lap.

Mengutip tempo.co, balapan MotoGP Spanyol berlangsung di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Ahad malam, 5 Juni 2022. Banyak hal menarik terjadi dalam balapan ini, termasuk blunder Aleix Espargaro di lap terakhir yang membuatnya gagal naik podium.

Fabio Quartararo menjuarai balapan MotoGP Spanyol ini. Ia, yang memulai dari posisi ketiga, terus memimpin sejak lap pertama.

Ini menjadi kemenangan kedua yang diraih pembalap Monster Yamaha ini. Sebelumnya, Quartararo juga finis terdepan di Portugal.

Total ini kini sudah lima kali naik podium. Rangkaian hasil bagus itu membuat posisinya di puncak daftar klasemen pun kian mapan dan kian berpeluang mempertahankan gelarnya.

Posisi kedua ditempati Jorge Martin, yang memulai dari posisi keenam. Pembalap Pramac Ducati ini naik podium untuk kedua kalinya.

Podium ketiga menjadi milik Johann Zarco. Pembalap Pramac Ducati itu merebut podium ketiganya musim ini.

Momen-momen penting dalam balapan MotoGP Italia:

Lap pertama: Langsung terjadi crash. Francesco Bagnaia jatuh ke gravel setelah bagian belakang motornya tertabrak dan terseret motor Takaaki Nakagami yang terjatuh. Alex Rins juga menjadi bagian dari insiden jatuh berombongan tersebut.

Stefan Bradl, yang menggantikan Marc Marquez juga crash dan gagal melanjutkan lomba. Fabio Quartararo memimpin, diikuti Jorge Martin dan Aleix Espargaro.

Lap 6: Marco Bezzecchi terjatuh. Fabio Quartararo masih memimpin, diikuti Jorge Martin dan Aleix Espargaro.

Lap 8 dan 9: Enea Bastianini terjatuh di lap 8 dan gagal melanjutkan lomba. Fabio Di Giannantonio juga terjatuh di lap 9. Posisi tiga terdepan tetap tak berubah: Quartararo, Martin, Espargaro.

Lap 13: Aleix Espargaro menyalip Jorge Martin dan merebut posisi kedua. Namun, Martin kembali merebut posisi tersebut pada lap ke-16.

Lap 20: Tersisa 17 pembalap di lintasan. Para rider terus bertumbangan, yang terakhir Andrea Dovizioso.

Lap 21: Aleix Espargaro menyalip Jorge Martin dan merebut posisi kedua. Quartararo masih terdepan.

Lap terakhir: Aleix Espargaro melakukan kesalahan memalukan. Ia menganggap balapan sudah usai, berselebrasi untuk posisi kedua, sehingga disalip pembalap di belakangnya dan melorot ke posisi kelima. Jorge Martin ke posisi kedua dan Johann Zarco menempati posisi ketiga.

Hasil Balapan MotoGP Italia

Jadwal Berikutnya

Setelah MotoGP Spanyol balapan berikutnya akan berlangsung di Jerman. Jadwal balapan seri ke-10 MotoGP 2022 tersebut akan berlangsung pada 19 Juni.

SUMBER: TEMPO.CO

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI