Sukabumi Update

Juara Dunia Rafting 2022 dan Kisah Sungai Citarik di Cikidang Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Lima perempuan asal Cikidang Kabupaten Sukabumi Jawa Barat kibarkan bendera Indonesia berkibar di podium tertinggi, Kejuaraan Dunia Arung Jeram 2022. Kelimanya adalah anak muda yang terus berlatih bersama seluruh tim, dari aliran sungai Citarik di Cikidang, salah satu spot olahraga dan wisata arung jeram terbaik di Indonesia.

Lista Natasya Peniawati, Selawati Solihin, Siti Nurranti, Wulanda Putri Febriana dan Diana Lapanda, mewakili Indonesia sebagai tim woman junior dalam ajang yang berlangsung di Bosnia Herzegovina akhir Mei 2022 lalu. Kerja keras mereka berbuah manis, sabet gelar juara dunia dengan 3 medali emas Word Rafting Championship 2022.

Emas pertama dari nomor Head to Head (H2H), medali kedua dari nomor Slalom kemudian medali ketiga dari nomor Down River Race (DRR). Sedangkan pada nomor sprint, tim women junior Indonesia ini berada di peringkat 4.

Dunia pun harus mengakui kehebatan tim yang dilatih Aceng Supendi dan didampingi Nita Karlina sebagai official ini. Kepala pelatih Aceng Supendi mengatakan, Tim Yunior ini berlatih sangat keras dan mengincar gelar juara dunia dari awal mereka dipilih sebagai wakil Indonesia di WRC 2022. 

Baca Juga :

"Kemenangan ini merupakan buah dari upaya bersama seluruh tim.” jelas Aceng Supendi dikutip dari akun resmi Koni Kabupaten Sukabumi, Senin, 6 Juni 2022.

Rasa bangga menyeruak tak kalah kelimanya bisa mewujudkan mimpi sebagai juara dunia. Kapten tim Yunior Putri U23 Selawati Solihin menegaskan kemenangan ini adalah buah kerja keras semua orang yang mendukung Indonesia dalam WRC 2022.

photoAtlet arung jeram asal Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi yang merupakan tim women junior Indonesia peraih titel juara dalam World Rafting Championship atau WRC 2022 di Bosnia Herzegovina. - (Istimewa/KONI Kabupaten Sukabumi.)</span

"Tentunya sangat membanggakan, bisa membawa nama harum Indonesia dan mengibarkan merah putih ke kancah internasional," ucap Selawati dikutip dari akun resmi Koni Kabupaten Sukabumi, Senin, 6 Juni 2022.

Sungai Citarik yang melintasi Cikidang Kabupaten Sukabumi menjadi cikal bakal kelahiran talenta-talenta rafting Indonesia. Para atlet arung jeram Indonesia termasuk tim juara kali ini, adalah mereka yang berangkat dari kecintaan pada olahraga dan wisata air di sungai Citarik Cikidang.

Sungai yang mengalir dari dataran tinggi kaki gunung halimun salak hingga ke pantai Palabuhanratu ini dikenal sebagai salah satu spot terbaik untuk rafting. Cikidang bahkan punya sejumlah operator wisata dan olahraga arung jeram yang namanya tak asing lagi, bagi mereka penyuka wisata sungai arus deras di Indonesia.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI