Sukabumi Update

Buka Kompetisi Pencak Silat, Wabup Sukabumi: Muncul Energi Positif

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi Iyos Somantri membuka Sukabumi Pencak Silat Competition 2022 di GOR Asrama Haji Cikembar, Jumat (9/9/2022).

Dilansir dari akun media sosial resmi Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Ketua panitia Gunawan mengatakan kompetisi ini diikuti 1000 orang peserta dari paguron Pencak Silat Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi dan Cianjur. Acara berlangsung pada 9 September 2022 hingga 11 September 2022. “Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan warisan budaya bangsa dan mempererat persatuan dan kesatuan,” ujarnya.

Baca Juga :

Iyos mengatakan kompetisi harus dijadikan sebagai momentum penting bagi pengurus beserta pelatih di masing-masing sekolah dan perguruan untuk menggali potensi, pengalaman, mengasah mental dan kemampuan serta meningkatkan prestasi anak didiknya sekaligus evaluasi pembinaan selama ini

“Kompetisi juga harus memunculkan energi positif untuk mempererat persaudaraan antar pelajar antar perguruan demi terwujudnya persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI," ungkapnya. 

Menurut Iyos, kompetisi ini sebagai salah satu bukti kesiapan bela bangsa bela negara. Sebab Pencak Silat ini merupakan Warisan dunia milik Indonesia yang telah diakui oleh Unesco.

“Dengan demikian Pencak Silat adalah bagian dari aset negara yang sangat berharga, kita selaku mampu menjaga amanah agar aset pencak silat tetap menjadi milik  Indonesia," tegasnya.

Iyos berharap melalui perhelatan tersebut menghasilkan pesilat yang bisa membawa harum Kabupaten Sukabumi di tingkat Provinsi maupun tingkat nasional.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI