Sukabumi Update

Mengenal Donald Pandiangan, Atlet Panahan Indonesia yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Donald Pandiangan, Atlet Panahan Indonesia Menghiasi Halaman Google Doodle

SUKABUMIUPDATE.com - Google Doodle hari ini memperingati hari kelahiran atlet panahan tanah air yang dijuluki Robin Hood Indonesia, yaitu Donald Pandiangan.

Pecinta dunia olahraga panahan, pasti tidak asing dengan atlet yang mempunyai nama lengkap Donald Djatunas Pandiangan dan memiliki segudang prestasi ini.

Sosok Donald Pandiangan juga pernah menjadi pelatih bagi tiga Srikandi Indonesia yaitu Lilies Handayani, Nurfitriyana Saiman, dan Kusuma Wardhani.

Baca Juga: Info Lowongan Pekerjaan Nih yang Berminat Yuk Merapat!

Untuk kamu yang belum mengetahui siapa Donald Pandiangan, yuk simak profil singkatnya dibawah ini seperti melansir dari Yoursay.id (Portal Suara.com).

Biodata Umum

Nama lengkap: Donald Djatunas Pandiangan

Julukan: Robin Hood Indonesia

Lahir: Sidikalang, 12 Desember 1945

Meninggal: Jakarta, 20 Agustus 2008

Istri: Paulina Saune

Anak: Lusiana Ruth Pandiangan, Pataar Abraham Pandiangan, Maria Octoba Bethania Pandiangan, dan Naftali Afril Naldo

Awal Mula Jatuh Cinta pada Olahraga Panahan

Donald Pandiangan dikenal sebagai sosok atlet panahan yang juga melatih tim panahan Indonesia. Namun, rupanya itu bukanlah cita-cita awalnya. 

Donald Pandiangan mulanya bercita-cita menjadi seorang insinyur, tetapi kendala keuangan menghalanginya untuk menyelesaikan kuliah.

Karena hal tersebut, ia kemudian bekerja di sebuah perusahaan transportasi. Di tempatnya bekerja ini, Donald Pandiangan menerima hadiah berupa satu set panahan, yang mengubah jalan hidupnya di masa depan.

Pada usia 25 tahun akhir, Donald Pandiangan akhirnya mulai terjun dalam dunia panahan. Dari situ, ia pun lantas jatuh cinta pada olahraga tersebut dan berlatih tanpa kenal lelah.

Prestasi

Tahun 1973, Donald Pandiangan berhasil memenangkan medali emas pertamanya di Pekan Olahraga Nasional (PON) VIII di Surabaya. Empat tahun kemudian, ia memecahkan rekor dunia di 70m Recurve PON IX di Jakarta.

Donald Pandiangan kembali meraih banyak sekali emas antara tahun 1977 dan 1987 di Southeast Asian Games (SEA Games).

Ia memenangkan lebih dari 20 medali emas untuk penguasaan busur dan anak panahnya di SEA Games, hingga membuatnya mendapatkan julukan Robin Hood Indonesia.

Tahun 1980, ia berada di puncak karirnya dan hampir berkompetisi di Olimpiade Musim Panas di Moskow, tetapi tidak dapat hadir karena Indonesia memboikot acara tersebut.

Menjadi Pelatih Tim Panahan Indonesia

Beberapa tahun kemudian, Donald Pandiangan mulai melatih tim panahan wanita untuk Olimpiade Musim Panas 1988 di Seoul.

Ia berhasil membawa trio Srikandi Indonesia, Lilies Handayani, Nurfitriyana Saiman, dan Kusuma Wardhani, merebut medali perak dalam Olimpiade tersebut. 

Yang sekaligus menjadi medali pertama bagi Indonesia sepanjang sejarah partisipasinya dalam Olimpiade.

Itulah tadi profil singkat Donald Pandiangan yang menjadi ikon Google Doodle hari ini, untuk merayakan hari ulang tahunnya yang ke-77.

Sumber: Yoursay.id (Portal Suara.com)

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERKAIT