Sukabumi Update

Sakila Labiba, Siswi Kota Sukabumi Peraih Medali Perak Anggar di Malaysia

Sakila Labiba, siswi kelas XI SMAN 1 Kota Sukabumi menjadi juara cabang anggar pada ajang Pra SEA GAMES dan mendapatkan medali perak pada ajang SEAFF Championship 2023. | Foto: Website Pemkot Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Sakila Labiba, siswi kelas XI SMAN 1 Kota Sukabumi mengukir prestasi sebagai juara cabang anggar pada ajang Pra SEA GAMES dan mendapatkan medali perak pada ajang Southeast Asian Fencing Federation (SEAFF) Championship 2023 pada 5 hingga 13 Januari 2023 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Mengutip website Pemkot Sukabumi pada Selasa (17/1/2023), Sakila yang didampingi Ketua Igornas Kota Sukabumi Yosep Firdaus mengatakan sebelumnya dia pernah menjuarai Kejurnas Anggar dalam ketegori Mini Kadet dan mendapatkan juara 3. Sementara di ajang POPROV dia mendapatkan juara 1 dan memperoleh medali emas.

Dalam ajang SEAFF tersebut Sakila mengikuti kejuaraan Beregu. Kalah melawan Filiphina di final, sehingga menempati posisi kedua dan mendapatkan medali perak.

Baca Juga: Lebih Dari 10 Cabor, Deretan Atlet Kebanggaan Sukabumi Sepanjang Tahun 2022

Kejuaraan tersebut diikuti oleh 12 negara ASEAN. Sakila mewakili Sukabumi sekaligus menjadi perwakilan negara Indonesia. Ia menambahkan dalam pertandingan tersebut ia bertanding secara team yang berisi 4 orang. Dalam waktu dekat, tepatnya akhir bulan Januari mendatang dia akan mengikuti seleksi untuk gelaran PON.

Ketua Igonas Kota Sukabumi Yosep Firdaus mengucapkan terima kasih kepada jajaran pelatih, orang tua, dan jajaran sekolah yang telah membimbing Sakila. Menurutnya, ini merupakan bagian dari program Gubernur Jawa Barat yaitu meningkatkan kecerdasan, emosional dan olahraga.

Yosep berharap pemerintah daerah dapat lebih memperhatikan pembinaan atlet seperti Sakila, karena ia merupakan aset bagi Kota Sukabumi untuk meningkatkan prestasi di kemudian.

Baca Juga: Kali Ini Perunggu, Atlet Angkat Besi Kabupaten Sukabumi Raih Lagi Medali Porprov

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Kota Sukabumi Rahmat Mulyana menyatakan bangga atas prestasi yang dicapai Sakila karena ini merupakan capaian yang sangat tinggi di tingkat Asia Tenggara.

Menurut Rahmat, bukan hal yang mudah untuk mencapai prestasai tersebut, apalagi untuk cabang anggar yang masih belum banyak peminatnya. Ia menambahkan akan terus mendorong siswa yang berprestasi untuk mengembangkan bakatnya dan berprestasi di tingkat nasional dan internasional.

Sumber: Website Pemkot Sukabumi

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT