TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Sukabumi Update

India Open 2023: Melaju ke Semifinal, Ini Lawan Jonatan Christie

Jonatan Christie merebut tiket semifinal tunggal putra India Open 2023. |Foto: Istimewa/PBSI.

SUKABUMIUPDATE.com - Atlet bulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, berhasil melenggang ke babak semifinal India Open 2023. Ia melaju setelah mengalahkan wakil Cina Taipei, Chou Tien Chen, pada babak perempat final yang berlangsung di K.D. Jadhav Indoor Hall, New Delhi, India, pada Jumat (20/1/2023).

Jonatan berhasil menang dalam pertarungan ketat tiga game dengan skor 21-15, 13-21, 22-20. Hasil ini membuat ia berhasil mengikuti jejak koleganya di Pelatnas Bulu Tangkis PBSI, Anthony Sinisuka Ginting, yang sudah lebih dulu memastikan satu tempat di babak semifinal.

Jonatan dan Chou Tien Chen memainkan pertandingan dalam tempo yang cepat. Keduanya beradu agresif. Jonatan sempat tertinggal 6-3, tetapi ia berhasil menjaga selisih poin tak terlalu lebar. Wakil Indonesia itu pun mendapatkan momentum setelah menyamakan kedudukan 6-6 dan 7-7.

Setelah mendapatkan keunggulan 11-8 pada interval game pertama, ketenangan Jonatan dalam mengantisipasi serangan cepat Chou Tien Chen berbuah manis. Ia berhasil memperlebar jarak menjadi 15-10. Keunggulan itu bertahan hingga game pertama berakhir 21-15 untuk Jonatan yang memenangkan adu net di poin terakhir.

Pada game kedua, Jonatan gagal mengantisipasi permainan agresif Chou Tien Chen. Ia berkali-kali mendapatkan tekanan lewat smash keras tunggal pertama Cina Taipei tersebut. Bola panjang yang tanggung kerap membuat Jonatan harus kehilangan poin. Ia tertinggal 11-5 pada interval game kedua.

Jonatan gagal keluar dari tekanan Chou Tien Chen setelah jeda. Setelah unggul delapan poin, atlet Cina Taipei peringkat lima dunia itu merebut kemenangan game ketiga dengan 21-13.

Jonatan merebut kendali permainan pada awal game ketiga. Sempat unggul empat poin, ia kembali mendapatkan tekanan sehingga skor kembali berimbang 7-7. Jonatan, yang kini berada di peringkat empatdunia, tertinggal 10-11 pada interval game ketiga.

Setelah jeda, Jonatan mampu keluar dari tekanan saat berbalik unggul 15-13. Namun, ia gagal mempertahankan ritme permainannya ketika Chou Tien Chen mampu membalik keadaan. Setelah skor sempat berimbang 18-18, Jonatan tertinggal 18-20. Bermain lebih defensif, Jonatan mendapatkan momentum memanfaatkan dua kesalahan Chou Tien Chen. Skor imbang 20-20.

Jonatan mampu tampil tenang saat menghadapi Chou Tien Chen yang mulai kedodoran. Pengembalian keluar pemain Cina Taipei membuat skor akhir 22-20 untuk kemenangan Jonatan. Di babak semifinal, Jonatan akan menghadapi Viktor Axelsen yang berhasil melewati rekan senegara, Rasmus Gemke.

Jadwal dan hasil wakil Indonesia di babak perempat final India Open 2023. (Dimulai 13.30 WIB):

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERKAIT