Sukabumi Update

Ada yang Jadi Top Skor, Inilah 3 Atlet Sukabumi yang Meraih Medali Emas di SEA Games

Inilah deretan atlet Sukabumi yang berhasil menyumbangkan medali emas untuk Indonesia di ajang SEA Games | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Ajang SEA Games 2023 saat ini sedang berlangsung di Kamboja yang diikuti oleh negara-negara di Asia Tenggara. Ada puluhan cabang olahraga yang dipertandingkan di ajang ini mulai dari sepak bola, voli, beladiri hingga athletic.

Event multi olahraga paling bergengsi di Asia Tenggara ini menjadi waktu yang tepat untuk para atlet menunjukan bakatnya termasuk atlet-atlet dari Sukabumi yang mewakili Indonesia.

Atlet dari Sukabumi telah sering menjadi wakil Indonesia di event dua tahunan tersebut dengan cabang olahraga berbeda, dan tak jarang mereka sukses mendapatkan prestasi dengan menyumbangkan medali untuk Indonesia.

Namun, kali ini kita akan membahas para atlet Sukabumi yang berhasil menyumbangkan medali emas bagi Indonesia di ajang SEA Games. Siapa saja? berikut ulasannya.

Baca Juga: Indonesia 10 Kali Juara Umum SEA Games, Kedua Terbanyak di Asia Tenggara!

1. Sri Ranti (SEA Games 2017)

Sri Ranti menjadi salah satu atlet Sukabumi yang sukses menyumbangkan medali emas di ajang SEA Games. Saat itu Sri yang seorang atlet panahan ini berhasil meraih medali emas di Sea Games 2017 Malaysia.

Ia sukses mengalahkan atlet panahan Vietnam, Chau Kieu Oanh dengan skor akhir 144-142. Sri Ranti juga kembali bertanding di SEA Games 2019 Filipina.

Namun kala itu Ia hanya mampu menyumbangkan medali perak dan medali perunggu untuk Indonesia.

Baca Juga: Atlet Sukabumi Muhamad Alfiana, Top Skor Hoki Indoor Putra SEA Games 2023

2. Irpan (SEA Games 2021)

Irpan menjadi atlet berikutnya yang turut menyumbangkan medali emas SEA Games untuk Indonesia. Saat itu Irpan menjadi salah satu punggawa Timnas Voli Putra Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam.

Timnas voli putra Indonesia menyumbangkan emas SEA Games setelah mengalahkan tuan rumah Vietnam dengan skor 3-0 (25-22, 25-18 dan 25-15).

Hasil tersebut sekaligus membuat Indonesia mampu mempertahankan gelar juara yang diraihnya di SEA Games 2019 Filipina.

Irpan dipanggil memperkuat Timnas voli Indonesia bukan tanpa alasan. Ia dipilih setelah dinobatkan menjadi libero terbaik pada kompetisi Proliga musim 2021/2022.

Baca Juga: Suka Voli Sejak SD, Ini Profil Irpan Libero Timnas Voli Indonesia dari Sukabumi

3. Muhamad Alfiana (SEA Games 2023)

Yang terbaru ada nama Muhamad Alfiana yang menjadi atlet Sukabumi berikutnya penyumbang medali emas untuk Indonesia di ajang SEA Games.

Atlet asal Kecamatan Sukaraja ini menjadi bagian dari Timnas Hoki Putra Indoor Indonesia. Tim Garuda berhasil meraih medali emas setelah mengalahkan Malaysia yang menjadi tim favorit juara di ajang ini lewat adu penalti dengan skor 2-1.

Yang lebih membanggakan lagi, Alfiana juga sukses menjadi top skor cabang olahraga Hoki Putra Indoor dengan mengemas 19 gol dari enam pertandingan yang dijalani.

Itulah beberapa atlet Sukabumi yang menyumbangkan emas untuk Indonesia di ajang multi olahraga SEA Games.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT