Sukabumi Update

Piala Thomas 2018: Indonesia Belum Tentukan Ganda Kedua

SUKABUMIUPDATE.com - Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) belum menentukan formasi tim untuk kejuaraan Piala Thomas dan Uber 2018, yang akan berlangsung di Bangkok, Thailand, Mei mendatang.

Juru bicara PBSI, Yuni Kartika, mengatakan untuk Piala Thomas, Indonesia baru memastikan pasangan ganda putra nomor satu dunia, Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon, sebagai unggulan untuk mengisi sektor ganda putra.

"Kevin Gideon pasti masuk, yang belum masuk pasti ganda kedua," kata Yuni di Pekanbaru, Senin, 26 Maret 2018. "Kita punya tiga pasang ganda putra, Hendra-Ahsan, Fajar-Rian, dan Rian-Angga. Itu yang coach (pelatih) Herry IP belum tentukan."

Ia menuturkan terdapat sejumlah pertimbangan dalam memilih ganda putra untuk mewakili Indonesia di Piala Thomas.

Pertama, jam terbang yang tinggi untuk bermain beregu. Jika menilik tiga pasang ganda putra, selain Minions, julukan Kevin/Marcus, pasangan senior Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan yang kembali rujuk pada awal 2018 berpotensi menjadi kontestan untuk ke Piala Thomas. Namun penampilan kedua pasangan julukan Daddies itu kurang impresif pada All England 2018 kemarin.

Selanjutnya, pasangan muda Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto serta Rian Agung Saputra dan Angga Pratama memang diproyeksikan untuk mengisi skuad Piala Thomas 2018.

Meski begitu, Yuni menuturkan semua keputusan masih di tangan pelatih kepala Herry Iman Pierngadi. Selain itu, formasi tersebut nantinya harus memenuhi kriteria mampu berpasangan dengan pemain lain.

Hal itu sebenarnya juga dilakukan pada Badminton Asia Team Championsip (BATC) atau Kejuaraan Beregu Badminton Asia 2018 di Malaysia beberapa waktu lalu. Saat itu, skuad pebulu tangkis putra Indonesia sukses menjadi juara setelah menundukkan Cina.

"Pertimbangan kedua, pasangan yang bisa dipasangkan dengan pasangan lain. Seandainya harus di-cross atau seperti apa," ujarnya.

Sedangkan untuk tunggal putra, ia mengatakan formasi di BATC 2018 yang diisi oleh Jonatan Christie, Anthony Ginting, Ihsan Maulana, dan pemain muda Firman Abdul Kholik, kemungkinan juga akan mengisi skuad Piala Thomas.

Lebih jauh, Yuni menjelaskan, formasi Piala Uber kemungkinan besar tidak akan berbeda jauh dengan BATC 2018 yang diisi Greysia Polii dan kawan-kawan.

Sumber: Tempo

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI