Sukabumi Update

Menlu Retno Marsudi Jadi Pelari Pertama Kirab Obor Asian Games

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjadi peserta pertama yang membawa api obor Asian Games 2018 dalam acara Torch Relay di Yogyakarta, Kamis pagi, 19 Juli 2018.

Api obor itu dilepas pagi ini Kamis 19 Juli 2018 dengan start Pagelaran Keraton Yogyakarta dan finis di Tugu Yogyakarta. Total jarak kirab api Obor di Yogya ini sepanjang 11,5 kilometer.

Pantauan Tempo, sejak pagi Api dari New Delhi yang sudah disatukan dengan api abadi Mrapen pada Rabu (18/7) malam dan diinapkan semalam di Pagelaran Keraton itu sudah diletakkan di depan bangsal Pagelaran.

Ribuan siswa sekolah berjajar rapi di Alun Alun Utara Yogya sambil membawa bendera Merah Putih. Arus di Jalan Pangurakan depan Keraton hingga Titik Nol Kilometer pun disterilkan.

Api obor lalu diserahkan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X kepada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk dibawa lari sesuai rute yang ditentukan.

Dari tangan Menlu Retno, api obor selanjutnya akan diserahkan dan dibawa lari oleh Kepala Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta Brigadir Jenderal Ahmad Dofiri. Dari Kapolda DIY api diserahkan kembali kepada perwakilan direksi Bank BNI, kemudian seterusnya diserahkan pada para peserta lain yang telah ditunjuk.

Sekjen Inasgoc Eris Heriyanto mengatakan dengan pelepasan api Obor Asian Games dari Keraton Yogya ini menjadi penanda resmi api obor akan dibawa keliling ke wilayah nusantara. "Api obor ini akan dibawa selama satu bulan melintasi 53 kota di Indonesia," ujarnya.

Sumber: Tempo

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI