Sukabumi Update

Asian Para Games: Menpora Menghormati Keputusan Miftahul Jannah

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Pemudah dan Olah Raga (Menpora) Imam Nahrawi memberikan apresiasi atas prinsip Miftahul Jannah, atlet cabang olah raga blind judo yang gagal tampil karena masalah jilbab di ajang Asian Para Games 2018, kemarin, Senin, 8 Oktober 2018 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Utara.

"Perlu saya sampaikan bahwa pemerintah dan kita semua menghormati keputusan yang memegang teguh prinsip dari Miftah dan perlu kita apresiasi," ujar Imam dalam konferensi pers di Main Press Center, GBK Arena, Selasa, 9 Oktober 2018. "Ini pelajaran berharga bagi NPC bahwa kedepannya harus dilihat regulasi yang ada."

Miftahul terdiskualifikasi dari pertandingan judo tuna netra Asian Para Games 2018, dia dicoret karena enggan mengikuti aturan pertandingan yaitu melepas jilbab. Atlet berusia 21 tahun itu, telah menginjak matras pertandingan dan enggan melepas jilbab pada pertandingan kelas 52 kilogram.

Menurut Imam itu adalah sesuatu yang harus dibanggakan. Dan sebelumnya, tadi malam Imam menemui Maftahul di Wisma Atlet untuk membicarakan masalah tersebut. Imam menjelaskan bahwa, Miftahul akan tetap menjadi atlet, bukan judo, kata Imam, tapi catur.

"Saya bangga padanya dia akan tetap menjadi atlet kalaupun tidak di judo dia akan main catur dan tadi pagi saya coba, meskipun akhirnya Miftah meminta untuk resmis saja," tambah Imam. "Di olahraga itu adalah bukan cermin soal kekalahan dan kemenangan tapi respek dan penghargaan antara prinsip regulasi yang ada baik pelatih ataupun atlet untuk menjaga dirinya agar tetap nyaman menggunakan jilbabnya."

Ke depan, kata Imam, Indonesia akan meminta kepada Federasi Judo Internasional untuk membuat regulasi yang lebih lentur dan memungkinkan para muslimah bertanding. Tapi, Imam berujar, tidak membahayakan atket saat bertanding.

"Misalnya, jilbab yang didesain ulang, kan pernah ada beberapa di cabang olahraga lain yang memakai jilbab, judo harus memberikan itu dengan panggil desainer-desainer untuk mendesainnya," tambah Imam. "Ini juga menjadi momentum untuk merekomendasikan kepada judo internasioanal untuk mengubah regulasi khusus bagi atlet muslimah," ujar Imam lagi soal tindak lanjut kasus jilbab Miftahul Jannah di Asian Para Games 2018.

Sumber: Tempo

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI