Sukabumi Update

Kata Rio Haryanto Soal Sirkuit Mandalika dan Gelaran MotoGP

SUKABUMIUPDATE.com - Indonesia disebut siap menjadi tuan rumah balap MotoGP 2021 yang akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Mantan pembalap Formula 1 (F1) Indonesia, Rio Haryanto berharap agar hal hal tersebut benar-benar terlaksana. Sebab Rio mengatakan, sebelum rencana ini, beberapa kali ia mendengar Indonesia akan membangun sirkuit. Namun pada kenyataannya tidak terlaksana.

"Karena tahun-tahun sebelumnya saya sudah sering dengar akan ada sirkuit di Palembang, di Bali, tapi tidak pernah terlaksana. Jadi semoga saja kali ini bisa terlaksana dengna maksimal," ujar Rio Haryanto kepada wartawan, di Jakarta, Rabu 13 Maret 2019.

Meski begitu, pembalap yang akan kembali turun ke arena balap pada event Balncpain GT World Challange Asia 2019 itu mengaku sangat senang ketika mendengar terkait pembangunan Sirkuit Mandalika. Dan sekali lagi ia berharap agar semuanya berjalan lancar.

"Ya saya sangat senang ya akhirnya Indonesia memiliki sirkuit dengan spek standar Internasional di mana bisa juga dibuat untuk menggelar MotoGP, ya semoga apa yang direncanakan bisa terlaksana dengan maksimal," tutur Rio Haryanto.

Sebagai informasi, Indonesia disebut-sebut sudah siap menggelar event balap MotoGP pada 2021. Hal tersebut disampailam langsung oleh pihak Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), yang mengklaim sudah meneken Promotor's Agreement dengan promotor MotoGP, Dorna Sport SL, untuk menggelar MotoGP selama tiga musim.

Gelaran MotoGP Indonesia rencananya akan menggunakan sirkuit jalan raya Mandalika yang panjangnya mencapai 4,32 km. Sirkuit tersebut memiliki satu lintasan lurus, yang sepertinya akan menjadi garis start/finish.

Sirkuit akan terdiri dari 18 tikungan. Untuk sarana penunjang, area paddock akan memiliki 40 garasi untuk operasional tim balap. Sementara kapasitas grand stand mencapai 93.200 tempat duduk. Itu belum termasuk 138.700 area tanpa tempat duduk dan hospitality suites yang mampu menampung 7.700 penonton.

Rencananya Sirkuit Mandalika akan rampung dibuat pada 2020, dan bersiap digunakan untuk menggelar MotoGP 2021.

Sumber: Tempo

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI