Sukabumi Update

Jabar Pimpin Klasemen Sementara POPNAS 2019

SUKABUMIUPDATE.com - Hingga hari ketiga Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XV/2019, Senin, 18 November 2019, kontingen Jawa Barat bertengger di puncak klasemen sementara dengan delapan medali emas, 11 perak, dan delapan perunggu.

Jawa Timur di posisi kedua dengan tujuh medali emas, lima perak, dan sembilan perunggu. Urutan ketiga diduduki tuan rumah DKI Jakarta dengan tujuh emas, empat perak, dan tujuh perunggu.

Medali emas pertama Jabar disumbang oleh karateka Yudha Fadillah Pratama yang bertanding pada nomor kata perorangan putra.

Tujuh medali emas lain disumbang Ridwan Pawas (karate), Yudha/Gilang Waluyo/Syahrun Nizar (karate), Arya Rizki Mahesa (taekwondo), Noverentiwi Ramadhanifa (taekwondo), Dede Heti (atletik), Natasya Mahdalita (atletik), dan Andyka Agyas (tarung derajat).

Taekwondo juga menyumbang dua medali perak dan satu perunggu, tarung derajat (lima perak, dua perunggu), karate (satu perak, dua perunggu), atletik (satu perak, satu perunggu), dan angkat besi (dua perak, dua perunggu).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Engkus Sutisna, mengatakan target kontingen Jabar adalah mempertahankan gelar juara umum pada event dua tahunan itu.

"Sebelumnya kami juara umum di Semarang pada 2015. Itu harus dipertahankan. Kami masih memiliki potensi emas lainnya dari renang, pencak silat, maupun bulu tangkis," katanya.

POPNAS ke-15 mempertandingkan 13 cabang olahraga, dimulai Sabtu pekan lalu, resmi dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, di Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brojonegoro Jakarta, Minggu, 17 November 2019.

Diikuti 2.631 pelajar dari 34 provinsi, POPNAS memperebutkan 221 emas, 221 perak, dan 314 perunggu, berlangsung pada Minggu, 24 November 2019. 

SUMBER: TEMPO.CO

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI