Sukabumi Update

Bidding Olimpiade 2032, Indonesia Andalkan Empat Modal Ini

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali optimis Indonesia bisa memenangkan bidding atau pengajuan sebagai tuan rumah Olimpiade 2032.

Indonesia, kata Menpora, akan mengandalkan keindahan alam sebagai salah satu poin untuk meyakinkan Komite Olimpiade Internasional (IOC), maupun voters dari negara-negara anggota.

Di samping itu, kesuksesan penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games 2018 juga disebutnya jadi modal penting dalam memuluskan ambisi besar tersebut.

"Modal kita adalah pengalaman menjadi tuan rumah Asian Games dan Asian Para Games 2018, serta keindahan alam Indonesia dan keramahan masyarakatnya," ujar Menpora Zainudin Amali di Gedung Kemenpora, Senayan, Jakarta, Senin (23/12/2019).

Selain mengandalkan potensi yang dimiliki Indonesia, pemerintah bersama NOC Indonesia dan stakeholder lainnya, disebut Menpora bakal menggencarkan promosi.

Saat Olimpiade 2020 berlangsung, pihak pemerintah disebutnya akan membangun sebuah kawasan di daerah Tokyo selaku kota penyelenggara, agar NOC negara-negara lain bisa melihat kesungguhan Indonesia untuk memnjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Sebelumnya, Presiden NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari mengatakan bahwa kawasan tersebut akan dinamai Indonesian Village.

"Rencananya di Olimpiade 2020 Tokyo nanti, kita sudah mulai kampanye. Ada semacam tempat lah. Itu untuk memperkenalkan kepada peserta Olimpaide 2020 bahwa kita berniat jadi tuan rumah di 2032," beber Zainudin.

Sebagai inforamasi, tekad Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 juga didukung langsung Presiden Joko Widodo.

Jokowi bahkan sempat bertemu langsung Presiden IOC Thomas Bach di Istana Bogor pada Sabtu (1/9/2018).

Berselang beberapa bulan, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menindaklanjuti pertemuan tersebut dengan mengirim surat resmi terkait pengajuan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 kepada Thomas Bach.

Dukungan langsung dari pemerintah pusat disebut Menpora Zainudin Amali sebagai sinyal positif sekaligus menambah harapan bahwa kans Indonesia menjadi tuan rumah pesta olahraga terakbar dunia itu bisa terwujud.

Dia menyamakan kondisi itu dengan keberhasilan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Saat itu, seluruh elemen pemerintah disebutnya ikut mendukung pencalonan Indonesia.

"Kita berhasil menang bidding tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 karena pemerintah kita peduli dan memberi garansi. Kemarin kita menang juga karena ada surat langsung yang dikirim Presiden Jokowi," jelas politikus partai Golkar tersebut.

Penentuan pemenang bidding tuan rumah Olimpiade 2032 akan diketahui pada saat penyelenggaraan Olimpiade 2024 di Paris, Prancis. Artinya, Indonesia masih punya empat tahun untuk promosi dan meyakinkan IOC.

Sumber: Suara.com

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI