Sukabumi Update

Valentino Rossi Bakal Pensiun dari MotoGP Pertengahan Musim Ini

SUKABUMIUPDATE.com - Valentino Rossi dikabarkan akan pensiun dari dunia balap MotoGP pada pertengahan tahun 2021 ini. Menurut pembalap asal Italia tersebut, pertimbangan apakah ia akan tetap bertahan atau mengakhiri karir berdasarkan pada hasil dan performa nya di musim ini.

"Jika saya kompetitif, mampu naik podium dan bisa berjuang meraih gelar juara, saya akan melanjutkan satu musim lagi. Jika tidak, saya berhenti," ungkap Rossi.

Musim ini Rossi baru saja bergabung dengan tim Petronas Yamaha dengan kontrak satu musim serta opsi perpanjangan satu tahun. Rossi saat ini dihadapkan pada situasi pra-balapan yang relatif berbeda dibandingkan saat ia masih membalap untuk tim pabrikan.

photoWilco Zeelenberg - (motogp.com)

Manajer Tim Yamaha Petronas, Wilco Zeelenberg, sebelumnya telah memperingatkan Rossi untuk lebih menghabiskan banyak waktu serta energi untuk fokus menganalisis data statistik performa kendaraannya.

"Saya terbuka untuk segalanya. Saya menghormati tim." kata Rossi menanggapi pernyataan manajer Tim Yamaha Petronas tersebut.

Namun nampaknya Rossi masih ragu untuk mampu bersaing kompetitif di musim kali ini, karena sepanjang 26 tahun karirnya, Rossi belum terbiasa memacu motor di kelas tim satelit.

Padahal jika melihat hasil musim lalu serta pengalamannya membalap bersama tim pabrikan, Rossi layak optimistis untuk dapat mencapai performa terbaiknya bersama dengan Tim Yamaha Petronas kali ini. Karena tak jarang, tim pabrikan kerap kali dirundung banyak masalah yang membuat sejumlah pembalapnya mengalami kesulitan di arena balap.

Rossi mengaku belum melakukan pembicaraan mendalam dengan Tim Yamaha Petronas tentang keinginannya menjadikan hasil balapan musim ini sebagai barometer apakah akan pensiun atau bertahan. 

"Hidup saya akan banyak berubah ketika saya berhenti (pensiun), tapi saya tidak terlalu khawatir. Saya telah memiliki karir yang sangat panjang dan saya bahagia," ungkapnya.

Baca Juga :

Mengenai kondisi fisik, meskipun nanti dirinya pensiun dari dunia balap MotoGP, Rossi merasa optimis bisa bertarung di arena balap meski tak lagi membalap menggunakan sepeda motor. Ia dikabarkan sedang mempertimbangkan mencoba berkarir di dunia balapan mobil nantinya. 

"Meskipun tak banyak yang saya harapkan jika nanti saya membalap dengan mobil," pungkasnya.

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI