Sukabumi Update

Raih Perunggu di PON Papua, Peselancar Cimaja Sukabumi Dapat Kadeudeuh

SUKABUMIUPDATE.com - Dede Suryana, atlet surfing atau peselancar asal Cikakak Kabupaten Sukabumi Jawa Barat peraih medali perunggu pada gelaran PON XX di Papua 2021 mendapat undangan khusus dari Ketua KONI Kabupaten Sukabumi, Sirodjudin.

Ia diundang untuk menerima uang kadeudeuh atas prestasi yang telah diraihnya. Dalam eksebisi PON Papua lalu, Dede turun di nomor Shortboard Putra dan harus bersaing dengan 18 peselancar dari 13 provinsi lainnya.

Baca Juga :

Peselancar berusia 35 tahun ini hanya terpaut 7 poin dari perselancar asal provinsi NTT, hingga harus puas bertengger di peringkat Ke 3 dengan meraih medali perunggu.

"Hari ini saya mendapatkan undangan dari Ketua KONI, surat undangannya saya terima tadi malam," ujar Dede, Jumat (1/10/2021). Dede mengaku baru saat ini dirinya mendapatkan perhatian khusus seperti ini. Padahal sebelumnya Ia kerap juga membawa nama kabupaten Sukabumi dan Cimaja di beberapa kejuaraan nasional dan internasional.

"Saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah turut mendukung olahraga surfing terutama kepada Ketua KONI Kabupaten Sukabumi atas perhatian dan penghargaannya terhadap kami atlet surfing," ungkapnya.

Sementara itu Ketua KONI Kabupaten Sukabumi, Sirojudin mengatakan bahwa KONI selalu memberikan uang kadeudeuh atau uang pembinaan kepada insan olahraga yang berprestasi baik atlet, wasit ataupun pelatih.

Baca Juga :

"Uang pembinaan ini diberikan setiap bulan, tetapi ada juga yang diambil per tiga bulan, sesuai kebutuhan atlet, KONI selalu menyiapkannya," ujarnya.

Sirodjudin mengatakan sejauh ini sudah ada 100 orang atlet yang mendapatkan uang pembinaan, jumlah itu belum termasuk wasit dan pelatih.

photoKetua KONI Kabupaten Sukabumi Sirojudin (Kanan) berjabat tangan dengan atlet selancar Dede Suryana (Kiri) saat memberikan uang kadedeuh atas prestasinya di PON Papua. - (Istimewa)</span

"Belum termasuk atlet yang berprestasi di ajang pertandingan nasional, mereka juga diberikan penghargaan dan uang pembinaan lagi," tuturnya.

Lebih lanjut Sirodjudin mengatakan bahwa hal tersebut dilakukan untuk memberikan semangat kepada atlet agar lebih berprestasi lagi dan membawa harum nama Kabupaten Sukabumi.

"Atlet yang sedang bertanding hari ini di PON XX Papua, kami siapkan penghargaan dan uang pembinaan agar semangat mendapatkan medali di cabang olahraga yang diikutinya," pungkasnya.

Editor : Toni Kamajaya

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI