Sukabumi Update

Sirkuit Mandalika Mulai Berwarna-warni, Ini Kondisi Terbarunya

SUKABUMIUPDATE.com - Proses pengerjaan pembangunan Sirkuit Mandalika di Lombok, NTB, sudah mulai terlihat tertata dan sudah masuk tahap pengecatan sirkuit. 

Kondisi terbaru dari pembangunan Sirkuit Mandalika itu terlihat dari unggahan Gubernur NTB Zulkieflimansyah melalui akun Twitter @bangzul_ntb pada 3 November 2021.

Baca Juga :

Tampak dalam unggahan tersebut pekerja tengah melakukan proses pengecatan bagian pinggir sirkuit dengan paduan warna merah, putih, dan hijau pada bagian pinggir. 

Penggunaan warna pada Sirkuit Mandalika ini menuai komentar dari para warganet. "Pak boleh bertanya kenapa harus dicat warna hijau merah ada makna tertentukah, terimakasih," tulis pemilik akun @sriparwiti1.

Pertanyaan yang dilontarkan tersebut dijawab oleh Morena pemilik akun @ba-whang. "Bantu jawab ya, itu warna standar dari FIM dan Dorna yang tiap warnannya ada fungsinya masing-masing, contoh warna ijo itu untuk track limit yang bila dilanggar akan kena longlap penalty," jelasnya.

Melansir dari Suara.com, proses pewarnaan ini, tidak sembarangan asal mengecat saja. Warna ini sudah sesuai dengan standar Federation Internationale de Motocyclisme atau sering dikenal FIM.

Baca Juga :

Dalam dokumen yang diterbitkan oleh FIM, warna yang dipakai sudah sesuai standar. Kerb adalah bagian samping sirkuit yang ditandai dengan warna-warni. Salah besar warna-warna itu hanya berfungsi sebagai estetika semata.

Kerb digunakan sebagai penanda batas racing line para pebalap. Nah, jaraknya minimal 12 meter dengan bagian awal dan akhirnya berbentuk segitiga warna putih.

photoPenampakan Sirkuit Mandalika - (Twitter/@bangzul_ntb)</span

Trek juga dilengkapi dengan verges dan area run off. Verges bisa diartikan sebagai bagian terluar sirkuit. Sebenarnya verges memiliki profil yang sama dengan sirkuit, tapi harus diberi warna berbeda.

Run off adalah area yang ada di antara verge dan protective line pertama. Fungsi keduanya untuk meningkatkan jarak penglihatan dan menstimulasi kemampuan pebalap menggunakan lebar sirkuit.

Baca Juga :

Fungsi lain yang tak kalah penting, kedua area ini membantu pembalap untuk menghentikan motornya tanpa harus terjatuh. Intinya, baik verges maupun run off merupakan bagian dari standar keamanan sirkuit.

Dalam pengecatan Sirkuit Mandalika sendiri, dikerjakan oleh tim khusus yakni tim pengecatan professional RoadGrip. Peralatannya pun bukan sembarang alat biasa lho, melainkan peralatan cat yang digunakan khusus untuk aspal jenis SMA ( Stone Mastic Asphalt).

"Jenis cat ini pun mempunyai kemampuan yang mumpuni dari cuaca dan "siksaan" kendaraan - kendaraan balap yang akan melintasinya." tulis keterangan dalam akun Instagram @themandalikagp.

Editor : Toni Kamajaya

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI