Sukabumi Update

Kapal Pesiar, Jadi Cara Panitia MotoGP Mandalika Antisipasi Kekurangan Kamar

SUKABUMIUPDATE.com - Panitia MotoGP Mandalika terus melakukan persiapan untuk gelaran balap motor paling bergengsi di dunia.

Acara balapan motor tersebut akan menjadi magnet bagi wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang ke Lombok.

Dikutip dari Tempo.co, Indonesia akan menjadi tuan rumah balapan MotoGP pada 18-20 Maret 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Pemerintah Daerah NTB meminta Kementerian Perhubungan untuk menyiapkan kapal pesiar untuk mengantisipasi kekurangan kamar untuk menampung ribuan pelancong.

Baca Juga :

"Suratnya sudah kita layangkan ke Menhub. Kami minta kapal pesiar itu bisa menampung (sampai) 2.000 kamar," ujar Sekretaris Daerah NTB, Gita Ariadi.

Sebagai ajang bertaraf internasional, Gita yakin ribuan pelancong baik domestik maupun mancanegara bakal mengunjungi Lombok saat gelaran MotoGP.

photo(Ilustrasi) Kapal Pesiar - (pexels Andrew Seto)</span

Melonjaknya jumlah wisatawan tentunya berpengaruh pada ketersediaan akomodasi, terutama kamar hotel untuk menginap.

Padahal, ketersediaan kamar hotel di NTB baru mencapai 16 ribu orang. Sedangkan jumlah penonton MotoGP Indonesia diprediksi menembus angka 64 ribu orang. "Mengatasi kekurangan kamar hotel ini juga sudah dilakukan dengan membangun rumah-rumah warga menjadi homestay," kata Gita.

Bupati Lombok Tengah, Lalu Pathul Bahri, mengatakan pemerintah pusat akan menyiapkan kapal pesiar sebagai penginapan bagi wisatawan MotoGP Indonesia. "Kapal pesiar itu nantinya direncanakan bersandar di Pelabuhan Awang," ujarnya.

Selain itu, pemerintah akan menyiapkan kapal cepat untuk penyeberangan Bali-Lombok guna mempermudah akses penonton yang menginap di luar Lombok.

Di samping kuantitas, pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi berharap ada peningkatan kualitas penginapan.

Kementerian meminta homestay di lingkar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan Desa Wisata agar ditingkatkan menjadi standar hotel bintang dua. "Banyak yang harus dipersiapkan untuk mendukung MotoGP seperti keberadaan homestay di lima desa penyangga lingkar Sirkuit Mandalika," tutur Lalu.

Sebelum digunakan untuk menggelar balapan MotoGP, Sirkuit Mandalika juga akan menjadi lokasi tes pramusim MotoGP 2022. Rencananya, Tes MotoGP di Sirkuit Mandalika akan berlangsung 11-13 Februari atau sepekan setelah tes di Sirkuit Sepang, Malaysia.

Sumber: Tempo.co

Koleksi Video Lainnya:

Masyarakat Dibuat Bingung, Warna Seragam Satpam Yang Mirip Polisi Bakal Diubah Lagi

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI