Sukabumi Update

Lee Zii Jia Disanksi Larangan Bermain 2 Tahun, Begini Komentar Lee Chong Wei

SUKABUMIUPDATE.com - Pebulu tangkis Malaysia Lee Zii Jia mendapat sanksi larangan bermain selama dua tahun oleh Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) setelah mundur dari Pelatnas bulu tangkis Malaysia.

Lee Chong Wei (legenda bulu tangkis Malaysia) ikut mengomentari masalah yang dialami Lee Zii Jia tersebut.

Mengutip dari Suara.com, Lee Zii Jia resmi mundur dari pelatnas bulu tangkis Malaysia pada Rabu, 19 Januari 2022.

Hal itu dikonfirmasi Presiden BAM, Mohamad Norza Zakaria di mana sang pemain telah mengirimkan surat pengunduran diri pada 11 Januari.

Baca Juga :

Hanya dua hari berselang, BAM membuat keputusan yang dianggap kontroversial. Mereka resmi melarang Lee Zii Jia tampil di seluruh kejuaraan BWF mulai 18 Januari 2022 hingga dua tahun ke depan.

Menurut Lee Chong Wei, keputusan itu tak hanya merugikan sang pemain, tetapi juga BAM yang dikhawatirkan bakal dapat citra buruk karena aturan kerasnya itu.

photo(Ilustrasi) Lee Zii Jia - (Instagram/Lee Zii Jia)</span

"Tidak hanya di Malaysia, seluruh dunia tahun tentang ini (Lee Zii Jia keluar dari BAM)," kata Lee Chong Wei dikutip dari Daily Express, Sabtu (22/1/2022).

“Saya merasa ini tidak terlalu bagus untuk skuad bulu tangkis nasional Malaysia. Semoga masalah ini diselesaikan dengan cepat dan fokus kembali ke bulu tangkis. Jangan sampai menjadi isu besar."

Lee Chong Wei sendiri menyayangkan keputusan Lee Zii Jia untuk meninggalkan timnas bulu tangkis Malaysia. Menurutnya, bermain secara profesional tidaklah mudah.

Tanpa dukungan asosiasi, seorang pebulu tangkis harus memenuhi semua kebutuhan dasar seperti tempat latihan, lawan latihan berkualitas hingga program latihan sendiri.

BAM disebut Lee Chong Wei memiliki apa yang semua pebulu tangkis Malaysia butuhkan. Karenanya, dia menyayangkan keputusan juara All England 2021 tersebut.

"Tapi pasti dia (Lee Zii Jia) pasti sudah punya rencana sendiri," kata Lee Chong Wei.

"Yang terpenting, ini adalah keputusannya. Tidak masalah apakah dia masuk (BAM) atau keluar, yang penting dia cukup nyaman untuk tampil di level tertinggi. Tapi itu tidak akan mudah," tambah lelaki 39 tahun yang memiliki gelar Datuk tersebut.

Sumber: Suara.com | Daily Express

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI