Sukabumi Update

Sirkuit Mandalika Masih Banyak Kekurangan, Ini Kata Pembalap MotoGP

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah fasilitas penunjang yang ada di dalam area Sirkuit Mandalika hingga kini pengerjaannya terus dikebut. Pada ajang tes pra musim MotoGP yang berlangsung pada 10-11 Februari 2022 lalu saja, terlihat sejumlah alat berat masih lalu lalang mengerjakan proyek.

Mengutip dari suara.com, meski begitu untuk kualitas trek sirkuit Mandalika telah mendapatkan pujian dari para pembalap dan penyelenggara MotoGP.

Salah satu pembalap asal Spanyol, Marc Marquez menyatakan Sirkuit Mandalika memiliki daya tarik tersendiri.

Sementara, pembalap asal Spanyol lainnya, Alex Rins menyatakan sirkuit ini memiliki lintasan yang luar biasa.

Baca Juga :

photoPotret kondisi aspal Sirkuit Mandalika yang berdebu saat tes pra musim MotoGP 2022. - (Twitter/MotoGP)</span

Disamping itu, Direktur Utama PT PP, Novel Arsyad mengatakan, Sirkuit Mandalika memiliki panjang 4,3 kilometer dan memiliki 17 tikungan, dibangun dalam waktu singkat, yaitu hanya 14 bulan.

Ia menjelaskan, adapun pembangunan lintasan utama sudah sesuai dengan standar mutu dari Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) dengan kategori sirkuit kelas A.

"Kami menerapkan campuran aspal khusus yang digunakan pada sirkuit balap, yaitu Stone Mastic Asphalt yang memiliki keunggulan khusus, salah satunya daya cengkram roda yang tinggi. Meningkatkan kecepatan dan kemudahan manuver pada pembalap, lintasan utama sirkuit ini diklaim dapat ditempuh dengan kecepatan puncak 310 kilometer per jam," kata Novel dalam keterangan persnya, Minggu (13/2/2022).

Menurut Novel, pihaknya kini sedang mengerjakan Grandstand untuk tribun penonton dengan kapasitas total 50.634 kursi dan VIP Village seluas 8.438,5 meter persegi dengan kapasitas 2.128 kursi di VIP Lounge dan 1.056 kursi di tribun VIP.

Ia menyebut, hingga kini progres pekerjaan Grandstand VIP Village berada di 47,54 persen. Selanjutnya, pihaknya juga sedang membangun Observation Deck di Bukit 360 yang ditujukan untuk tamu VVIP dan hingga kini telah berada di 30 persen.

"Seluruh pekerjaan penunjang di sirkuit ditargetkan selesai di awal Maret 2022," tukasnya. 

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI