Sukabumi Update

Dalam 33 Tahun, Super Flower Blood Moon 2022 Jadi Gerhana Bulan Total Terlama

SUKABUMIUPDATE.com - Super Flower Blood Moon merupakan nama Gerhana Bulan Total yang terjadi pada 15 Mei 2022 kemarin.

Fenomena Super Flower Blood Moon tersebut dilaporkan merupakan Gerhana Bulan total terlama dalam 33 tahun.

Baca Juga :

Dilansir suara.com dari Space.com, Selasa (17/5/2022), wilayah yang dapat mengamati Gerhana Bulan Total tersebut mencakup Amerika, Antartika, Eropa, Afrika, dan Pasifik Timur.

Selama Gerhana Bulan terjadi, Bulan Purnama menghabiskan sekitar 85 menit di dalam umbra Bumi atau bayangan yang lebih gelap.

Durasi itu dibandingkan dengan 96 menit pada Agustus 1989.

Tak hanya wilayah yang disebutkan di atas, bahkan Selandia Baru, Eropa Timur, dan Timur Tengah mendapat pemandangan halus versi penumbra atau bayangan tipis dari fenomena tersebut.

Fase Super Flower Blood Moon terjadi tergantung pada lokasi tempat tinggal pengamat.photoSuper Flower Blood Moon 2022 - (Via Suara.com)

Menurut Time and Date, fase Gerhana sebagian dimulai pada pukul 22:28 EDT dan mencapai puncaknya pada pukul 00:11 EDT, sebelum berakhir pada 01:55 EDT.

Menurut Fred Espenak, ilmuwan Gerhana, mengatakan Bulan Purnama disebut Supermoon dengan mempertimbangkan variabilitas perigee (pendekatan terdekat) dan apogee (pendekatan terjauh) yang dilakukan Bulan terhadap Bumi.

Namun, NASA memiliki definisi lain dan menyebut bahwa Supermoon terjadi ketika Bulan berada dalam persentase 90 persen dari pendekatan terdekatnya.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Noity

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI