Sukabumi Update

Ilmuwan Temukan Spesies Dinosaurus Baru di Jepang

SUKABUMIUPDATE.com - Spesies dinosaurus yang diberi nama Paralitherizinosaurus Japonicu ditemukan oleh para ilmuwan dari Museum Universitas Hokkaido, Jepang.

Hidup selama Zaman Kapur Atas sekitar 72 juta tahun lalu, satwa purba itu termasuk ke dalam Therizinosauridae, keluarga dinosaurus theropoda kecil hingga besar.

photoIlustrasi Dinosaurus Spesies Baru Paralitherizinosaurus Japonicu - (Masato Hattori)</span

"Sejauh ini fosil Therizinosaurus telah ditemukan di Mongolia dan China," kata Yoshitsugu Kobayashi, ahli paleontologi, seperti dikutip dari Sci News pada Jumat (27/5/2022) oleh suara.com.

Baca Juga :

Fragmen fosil Therizinosaurus diketahui dari Jepang, tepatnya terletak di tepi timur benua Asia selama periode Kapur sebelum pembukaan Laut Jepang selama Zaman Miosen.

Salah satu spesimen ini, yang dikumpulkan dari Formasi Osoushinai di Kota Nakagawa, Prefektur Hokkaido, sebelumnya diidentifikasi sebagai dinosaurus maniraptoran, tetapi status taksonominya tetap belum terselesaikan.

Dalam studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports, Kobayashi dan tim ilmuwan lainnya memeriksa ulang spesimen dan mengidentifikasinya sebagai spesies Therizinosaurus baru.

"Paralitherizinosaurus japonicus adalah spesimen Therizinosaurus ketiga dari Jepang," tambah Kobayashi.

Spesies baru ini juga merupakan Therizinosaurus termuda yang ditemukan di Jepang dan yang pertama ditemukan dari endapan laut di Asia.

Menurut para peneliti, ini menunjukkan keberadaan Therizinosaurus untuk waktu yang lama di tepi timur benua Asia dan adaptasi Therizinosaurus ke lingkungan pesisir.

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI