Sukabumi Update

Pusaran Air: Penyebab Terbentuknya Hingga Cara Menghindarinya

SUKABUMIUPDATE.com - Terdapat pusaran air di sungai Cipelang Sukabumi yang menjadi lokasi tenggelamnya tiga orang remaja pada Minggu, 29/5/2022.

Hal tersebut dikatakan Kepala BPBD Kota Sukabumi Imran Wardhani, Ini dikatakan Imran berdasarkan informasi yang diperoleh dari warga sekitar. "Korban ditemukan di dasar sungai dekat tebing dan jembatan. Menurut informasi warga, ada pusaran air di titik tersebut," kata Imran

Lalu, apa sebenarnya pusaran air itu dan bagaimana fenomena tersebut bisa terjadi?

Baca Juga :

Menurut laman phenomena.org, pusaran air adalah badan air yang berputar-putar dan memiliki aliran ke bawah, jika arus ini cukup kuat maka mampu menyedot apa saja yang ada di permukaan air ke dalam pusaran tersebut.

Pusaran air ini bisa terbentuk dimana saja mulai dari anak sungai, sungai besar, danau, hingga laut.

Penyebab terbentuknya pusaran air

photo(Ilustrasi) Pusaran air bisa terjadi di bawah permukaan air, bahkan pada permukaan air tenang sekalipun  - (Instagram/@curug_cikaso)</span

Dilansir dari Allthingsnature, pusaran air umumnya disebabkan ketika dua arus yang berlawanan bertemu, jika kedua arus tersebut cukup kuat maka akan saling melilit dan menyebabkan pusaran.

Selain itu, pusaran air juga dapat disebabkan oleh angin, yang menyebabkan arus permukaan berubah arah serta terkadang disebabkan oleh fitur geografis yang menentukan aliran arus air di suatu wilayah, biasanya pusaran air akibat geografis ini berlangsung konsisten seperti daerah belokan sungai, pertemuan dua sungai berbeda dan di bawah air terjun.

Pusaran air bisa terbentuk mulai dari ukuran beberapa sentimeter hingga puluhan meter tergantung seberapa kuat arus air yang bergerak.

Cara mengetahui adanya pusaran air di sungai

photo(Ilustrasi) Berenang menggunakan pelampung - (Pixabay)</span

Tidak ada cara spesifik untuk mengetahui adanya pusaran air karena terkadang pusaran ini bisa terbentuk di bawah permukaan air yang tenang sekalipun.

Namun, beberapa bisa terlihat di permukaan dengan bentuk air berputar menyerupai spiral, bahkan pada beberapa kasus, pusaran bisa terbentuk secara tiba-tiba di daerah yang tidak diduga sebelumnya.

Menurut laman goneoutdoors.com, untuk menghindari pusaran air, sebaiknya menghindari daerah-daerah yang berpotensi terciptanya pusaran seperti pertemuan arus sungai, belokan sungai dan dibawah air terjun.

Kemudian, selalu gunakan pelampung saat beraktivitas di air seperti berenang atau berada di atas perahu sekalipun.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI