Sukabumi Update

Hubble NASA Berhasil Intip Galaksi Tersembunyi di Balik Bimasakti

SUKABUMIUPDATE.com - NASA unggah sebuah gambar galaksi tersembuyi yang diambil oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble dibalik Bimasakti.

Dikenal sebagai galaksi spiral IC 342 atau Caldwell 5, itu merupakan galaksi yang sulit diamati karena letaknya yang tersembunyi.

"Itu muncul di dekat ekuator piringan mutiara Bimasakti, yang dipenuhi gas kosmik tebal, debu gelap, dan bintang bercahaya," tulis NASA dalam pernyataan pada 11 Mei 2022, dikutip suara.com dari Space.com, Selasa (31/5/2022).photoPotret galaksi spiral IC 342 atau Caldwell 5 - (NASA)

Hubble dapat mengintip melalui debu dan gas kosmik hingga batas tertentu karena teleskop tersebut dibekali kemampuan inframerah.

NASA menambahkan bahwa pemandangan pusat galaksi ini menunjukkan sulur-sulur debu yang saling terkait dalam cakram, membungkus inti dari gas dan bintang panas.

"Inti ini adalah tipe spesifik wilayah yang disebut inti H II, yaitu area atom hidrogen yang telah terionisasi," tambah NASA.

Baca Juga :

Menurutnya, wilayah seperti itu adalah tempat kelahiran bintang yang energik di mana ribuan bintang dapat terbentuk selama beberapa juta tahun.

Jika tidak ada debu yang menghalangi, maka galaksi ini akan menjadi salah satu galaksi paling terang di langit.

Selain itu, IC 342 juga merupakan galaksi yang relatif dekat dengan Bumi, jaraknya hanya 11 juta tahun cahaya.

Untuk ukurannya, galaksi ini sekitar setengah diameter Bimasakti atau sekitar 50.000 tahun cahaya. Dengan ukuran seperti itu, IC 342 merupakan galaksi yang relatif besar.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Noity

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI