Sukabumi Update

Buku Tahunan Wisuda Berusia 2.000 Tahun Ditemukan Para Ilmuwan

SUKABUMIUPDATE.com - Ilmuwan menemukan sebuah lempengan marmer berusia 2.000 tahun. Awalnya lempengan tersebut diidentifikasi sebagai prasasti Yunani kuno.

Akan tetapi setelah diteliti lebih dalam, lempengan marmer tersebut pada dasarnya adalah buku tahunan wisuda.

Baca Juga :

"Prasasti itu berisi daftar orang-orang yang melalui ephebate, satu tahun pelatihan militer dan sipil untuk pemuda," tulis catatan pada terjemahan lempengan yang diterbitkan oleh Attic Inscriptions Online dikutip dari suara.com.

Diperkirakan lebih dari 100 pemuda yang berada dalam daftar tersebut. Sayangnya, hanya nama panggilan yang tercantum.

Seperti Theogas dan Dionysas untuk Theogenes dan Dionysodoros (lebih seperti Steve atau Chris dalam bahasa Inggris).

Menariknya, lempengan marmer itu ditemukan hampir 3.000 kilometer dari lokasi aslinya di Athena.photoBuku Tahunan Wisuda Berusia 2.000 Tahun - (Via Suara.com)

Itu karena telah disimpan di gudang selama 135 tahun dan awalnya dianggap hanya sebagai salinan lempengan berbeda, yang disimpan di Museum Ashmolean di Oxford, Inggris.

"Namun, ketika kami melihat lebih dekat pada prasasti ini, kami menemukan bahwa itu sebenarnya adalah dokumen baru," kata Peter Liddel, profesor Sejarah dan Epigrafi Yunani di Universitas Manchester, dikutip dari IFL Science, Kamis (9/6/2022).

Beruntung, penulis lempengan tersebut yang diketahui bernama Attikos meninggalkan jejak bukti penanggalan.

Para ahli menemukan bahwa lempengan buku tahunan itu berasal dari pemerintahan Kaisar Romawi Claudius, antara 41 dan 54 M.

Meskipun ironis bahwa lempengan itu ditemukan di Inggris karena Claudius adalah kaisar yang membawa Britannia di bawah kendali Romawi.

Terlepas dari fakta politik dan militer semacam itu, para ilmuwan mengatakan bahwa buku tahunan Athena kuno yang ditulis oleh seorang pemuda, untuk mencatat nama teman-teman sekolahnya ini adalah penemuan yang sangat berharga.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Noity

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI