Sukabumi Update

BMKG: 13 Kali dalam 9 Jam Terakhir, Sesar Cimandiri Picu Gempa Swarm di Cibeber

SUKABUMIUPDATE.com - BMKG memastikan rangkaian gempa dangkal dengan kekuatan di bawah 3 magnitudo di Cibeber Cianjur Jawa Barat sepanjang hari Sabtu ini, 11 Juni 2020 di picu sesar Cimandiri. Tercatat dalam 9 jam terakhir terjadi 13 gempa di sekitar wilayah tersebut.

Ahli gempabumi BMKG, Dr Daryono menyebut 13 kali gempa dalam 9 jam terakhir itu memiliki kekuatan berkisar antar 1,6- 2,8 magnitudo. Gempa terkini tercatat pukul 22:03:16 WIB, dengan kekuatan M2,4, dirasakan dalam tingkat guncangan II MMI.

"Cianjur dan sekitarnya diguncang gempa M2,4. Episenter di darat,16 km tenggara Cianjur kedalaman 4 km, dipicu Sesar Cimandiri segmen Rajamandala dirasakan II MMI. Dalam 9 jam terakhir tjd 13 kali gempa dgn Mag. berkisar antara  1,6- 2,8," tulis Daryono dalam akun media sosialnya, Sabtu 11 Juni 2022.

Sementara BMKG Bandung dalam akun resmi media sosialnya, menyebut hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut. 

Baca Juga :

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," jelas Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hartanto ST MM, seperti dikutip BMKG Bandung.

Cimandiri menurut BMKG adalah nama sesar atau patahan aktif pemicu gempa yang memanjang dari Palabuhanratu Sukabumi, menuju Gandasoli, Cibeber Cianjur hingga Rajamandala Cipatat Padalarang Bandung Barat.

Sementara istilah swarm masih dari BMKG, adalah serangkaian aktivitas gempa bermagnitudo kecil dengan frekuensi kejadian sangat sering dan relatif lama di suatu kawasan. gempa swarm terjadi tanpa adanya gempa utama (mainshock).

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI