Sukabumi Update

Disangka Telah Punah Seabad Lalu, Kura-kura Spesies Langka Ditemukan Ilmuwan

SUKABUMIUPDATE.com - Jenis kura-kura raksasa yang dianggap telah punah seabad lalu ditemukan para ilmuwan di kepulauan Galapagos.

Penelitian genetik menunjukkan bahwa spesimen kura-kura betina yang ditemukan di salah satu Kepulauan Galapagos tiga tahun lalu itu terkait dengan satu-satunya spesies kura-kura yang pernah ditemukan pada 1906.

Melansir dari Suara.com, tim ahli berspekulasi kemungkinan ada kura-kura lain dari spesies serupa yang tinggal bersamanya di Pulau Fernandina, habitat satwa liar yang belum terjamah di Samudra Pasifik.

Baca Juga :

Untuk mengetahui bahwa kura-kura tersebut adalah spesies langka yang disangka punah, para ilmuwan mengurutkan genom dari spesimen 1906, yang dikenal sebagai chelonoidis phantasticus dan spesimen ini.

Kemudian membandingkannya dengan semua spesies kura-kura raksasa Galapagos yang masih hidup.

Kura-kura raksasa betina tersebut diberi nama Fernanda, berdasarkan pulau di mana hewan itu ditemukan.

"Ini adalah penemuan yang benar-benar menarik bahwa spesies ini sebenarnya tidak punah, tetapi terus hidup," kata Dr Evelyn Jensen, penulis utama studi di Universitas Newcastle, dikutip dari Independent, Rabu (15/6/2022).

Jensen menambahkan bahwa hanya ada dua kura-kura yang pernah ditemukan di Pulau Fernandina.

Dengan penemuan ini, tim ahli membuktikan bahwa Fernanda merupakan anggota spesies yang sama dan berbeda dengan kura-kura Galapagos lainnya.

Pulau Fernandina memiliki gunung berapi aktif di sisi barat Kepulauan Galapagos, dikunjungi oleh Charles Darwin pada 1835 sebagai inspirasi untuk teori evolusinya.

photo(Ilustrasi) Kepulauan Galapagos - (Unplash Nathalie Marquis)</span

Para peneliti percaya bahwa Fernanda berusia sekitar 50 tahun dan mengalami fase pertumbuhan yang terhambat.

Saat ini, hewan tersebut tengah dirawat di Pusat Kura-kura Taman Nasional Galapagos.

Ekspedisi lain menemukan tanda-tanda setidaknya ada dua atau tiga kura-kura lagi yang hidup di pulau tersebut.

Hal itu memberikan harapan bahwa Fernanda mungkin bukan kura-kura terakhir dari jenisnya.

Jika para ilmuwan menemukan lebih banyak kura-kura seperti Fernanda, maka program pengembangbiakan bisa dimulai untuk meningkatkan populasi.

Untuk saat ini, Fernanda berada dalam posisi yang mirip dengan Lonesome George, yang terkenal sebagai kura-kura raksasa terakhir di Pulau Pinta Galapagos.

Para ahli berencana untuk melakukan lebih banyak ekspedisi untuk mencari kura-kura di bagian dalam Pulau Fernandina, sekaligus mempelajari bagaimana spesies Fernandina cocok dengan sejarah evolusi kura-kura raksasa Galapagos.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI